Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen

Yus Achtini, - (2005) Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FIX Peneyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan oleh Yus Achtini.pdf

Download (22MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

BPSK merupakan suatu lembaga penyelesaian sengketa atau perselisihan antara konsumen dengan pelaku usaha yang sifat penyelesaiannya cepat, murah serta tidak terlalu banyak membutuhkan persyaratan-persyaratan yang bertele-tele, yang memang dibutuhkan oleh konsumen, terutama konsumen perorangan, serta dalam penyelesaiannya mempunyai mekanisme yaitu: konsiliasi, mediasi, dan arbitrase yang kesemuanya mekanisme tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Dan Wewenang berdasarkan tugas dan fungsi BPSK sebenamya sudah jelas, karena telah diuraikan dalam pasal 52 UUPK dari butir a sampai butir m. Tetapi dari beberapa butir tersebut terdapat tugas pokok yang harus dijalankan sebagai lembaga yang penyelesaiannya di luar sistem peradilan, yaitu : melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen dengan cara melalui mediasi atau arbitrase a tau konsiliasi, memberikan konsultasi perlindungan konsumen serta melakukan pengawasan terhadap pencantuman klausula baku, yang kesemuanya sudah dijalankan oleh BPSK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sengketa Konsumen, Sengketa, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K2390 Negotiated settlement. Compromise
Divisions: 03. Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Yus Achtini, -NIM030115216
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:02
Last Modified: 05 Feb 2025 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/135685
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item