Yus Achtini, - (2005) Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (FULLTEXT)
FIX Peneyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Badan oleh Yus Achtini.pdf Download (22MB) |
Abstract
BPSK merupakan suatu lembaga penyelesaian sengketa atau perselisihan antara konsumen dengan pelaku usaha yang sifat penyelesaiannya cepat, murah serta tidak terlalu banyak membutuhkan persyaratan-persyaratan yang bertele-tele, yang memang dibutuhkan oleh konsumen, terutama konsumen perorangan, serta dalam penyelesaiannya mempunyai mekanisme yaitu: konsiliasi, mediasi, dan arbitrase yang kesemuanya mekanisme tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Dan Wewenang berdasarkan tugas dan fungsi BPSK sebenamya sudah jelas, karena telah diuraikan dalam pasal 52 UUPK dari butir a sampai butir m. Tetapi dari beberapa butir tersebut terdapat tugas pokok yang harus dijalankan sebagai lembaga yang penyelesaiannya di luar sistem peradilan, yaitu : melaksanakan penanganan dan penyelesaian sengketa konsumen dengan cara melalui mediasi atau arbitrase a tau konsiliasi, memberikan konsultasi perlindungan konsumen serta melakukan pengawasan terhadap pencantuman klausula baku, yang kesemuanya sudah dijalankan oleh BPSK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sengketa Konsumen, Sengketa, Konsumen | ||||
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K2390 Negotiated settlement. Compromise |
||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Nurma Harumiaty | ||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:02 | ||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:02 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/135685 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |