AGUS YUDHA HERNOKO, 038512105
(1988)
TINJAUAN TENTANG PELAKSANAAN BANK GARANSI DI BANK DUTA CABANG SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dalam praktek pemberian fasilitas bank garansi oleh pihak Bank Duta Cabang Surabaya, nampaknya kurang memenuhi unsur kesepakatan dalam ketentuan pasal 1320 B.W. Hal ini dapat kita lihat dalam formulir persyaratannya yang sudah standart/baku yang dikeluarkan oleh pihak Bank Duta. Sehingga pemohon hanya menyetujui saja persyaratan tersebut dengan maksud agar secepatnya memperoleh
fasilitas bank garansi yang dibutuhkannya.
Pihak Bank Duta dalam memberikan fasilitas bank garansi, selain meminta jaminan lawan (kontra garansi) atau dalam istilah perbankan disebut dana cadangan, maka pihak bank juga meminta disediakan jaminan tambahan. Ketentuan ini tidak lain untuk lebih mengikat pemohon dalam memenuhi kewajibannya terhadap kreditor, sehingga bank tidak perlu mencairkan dana untuk itu.
Dalam surat bank garansi yang dikeluarkan oleh pihak Bank Duta disitu terdapat nama bank penjamin, nama pemohon dan juga nama kreditor sej-bagai pihak penerima jaminan. Namun ternyata antara pihak bank dengan pihak kreditor tidak ada hubungan secara langsung. Dalam arti pihak kreditor tidak ikut serta menandatangani perjanjian bank garansi yang bersangkutan.
Actions (login required)
|
View Item |