KERJASAMA INTERNASIONAL DALAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERDAGANGAN ORANG TRAFFICKING PADA TENAGA KERJA INDONESIA (STUDI KASUS ARAB SAUDI)

RIALITA FEBRINA, 030810367 (2012) KERJASAMA INTERNASIONAL DALAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PERDAGANGAN ORANG TRAFFICKING PADA TENAGA KERJA INDONESIA (STUDI KASUS ARAB SAUDI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-febrinaria-28221-7.abstr-k.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
RIALITA FEBRINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bekerja merupakan hal penting bagi seseorang untuk mempertahankan kehidupannya. Setiap orang akan melakukan usaha terbaiknya untuk mendapatkan pekerjaan, mempertahankan pekerjaan maupun meningkatkan kualitas atau pangkat dari pekerjaan sebelumya. Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri baik legal maupun illegal dapat menjadi korban perdagangan orang trafficking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyaluran tenaga kerja ke luar negeri yang mengakibatkan terjadinya perdagangan orang traffiking dan untuk mengetahui penggunaan kerjasama internasional dalam pencegahan dan pemberantasan perdagangan orang trafficking yang terjadi pada Tenaga Kerja Indonesia. Alasan banyaknya Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri menjadi korba perdagangan orang trafficking khususnya yang terjadi di Arab Saudi salah satunya adalah Secara umum, hukum di Arab Saudi masih belum mengatur mengenai perlindungan tenaga kerja asing sektor informal (domestic helpers) meskipun Kerajaan Arab Saudi telah memiliki berbagai ketentuan hukum di bidang ketenagakerjaan, temasuk di dalamnya pekerja migran. Hal ini disebabkan domestic worker tidak termasuk dalam pengertian tenaga kerja. Ketiadaan ketentuan yang secara spesifik melindungi tenaga kerja asing di sektor rumah tangga berdampak pada standart baku perlindungan yang berlaku secara umum dan lemahnya mekanisme perlindungan pada pekerja asing tersebut. Untuk mencegah dan memberantas perdagangan orang trafficking dapat menggunakan Kerjasama Internasional. Kerjasama tersebut dapat berupa Mutual Legal Assistance, Mandatory Consular Notification, ekstradisi dan Treaty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 135/13 Feb k
Uncontrolled Keywords: CRIMINAL LAW; PROTECTION - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6774-7220.5 Crimes and criminal classes
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIALITA FEBRINA, 030810367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Wayan Titib Sulaksana, SH,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 10:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item