PEMBATASAN KEWENANGAN PENYITAAN DARI KOMISI PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI

LEONARDUS S. SAGALA, 031011129 (2014) PEMBATASAN KEWENANGAN PENYITAAN DARI KOMISI PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sagalaleon-31881-8.abstr-i.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FH11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Negara Republik memasuki babak baru, khususnya dalam melakukan upaya paksa penyitaan dan perampasaan atas harta benda atau harta kekayaan yang merupakan hasil ataupun berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan oleh tersangka. Kelompok anti korupsi menginginkan dilakukannya penyitaan terhadap harta-harta yang berkaitan ataupun merupakan hasil dari tindak pidana korupsi secara menyeluruh, dan menimbulkan permasalahan hukum dikarenakan adanya hak-hak dari tersangka atau pihak ketiga yang beritikad baik yang dirugikan ketika sistem penyitaan tersebut diterapkan baik secara materi dan non materi. Untuk menghindari adanya pihak-pihak yang dirugikan dengan adanya upaya maksimal yang dilakukan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi maka perlu untuk dilakukan pengaturan-pengaturan secara tegas dan jelas dalam pelaksanaan penyitaan dan perampasan aset tersebut. Adapun tujuan dan substansi yang perlu untuk diatur dan dimuat dalam peraturan perUndang-Undangan adalah mengenai pembatasan-pembatasan kewenangan melakukan penyitaan dari Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, upaya hukum yang dapat diajukan oleh pihak ketiga yang beritikad baik atas penyitaan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan prosedur pengajuan surat keberatan atas putusan perampasan aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 FH. 93/14 Sag p
Uncontrolled Keywords: JUDGMENTS, CRIMINAL � CORRUPT PRACTICE
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure > K5015.4-5350 Criminal law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
LEONARDUS S. SAGALA, 031011129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Basuki Minarno, Prof., Dr., S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2014 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item