PRINSIP WADI'AH YAD AMANAH DALAM KEGIATAN USAHA SAFE DEPOSIT BOX DI BANK SYARI'AH

EUIS SOFIAH, 030215480 (2006) PRINSIP WADI'AH YAD AMANAH DALAM KEGIATAN USAHA SAFE DEPOSIT BOX DI BANK SYARI'AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sofiaheuis-2284-fh21806.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil uraian pembahasan skripsi tentang Prinsip Wadi'ah Yad Amanah Dalam Kegiatan Usaha Safe Deposit Box di Bank Syari'ah ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Hubungan hukum antara bank dan nasabah adalah perjanjian penitipan dengan prinsip wadi 'ah yad amanah. Dan penerapan prinsip wadi 'ah yad amanah pada produk safe deposit box lebih dapat memberikan perlindungan hukum dibandingkan pada prinsip sewa menyewa sebagaimana diterapkan pada produk safe deposit box di bank konvensional. Karena tujuan awal bank konvensional menerapkan prinsip sewa menyewa pada safe deposit box adalah untuk membatasi tanggung gugat bilamana terjadi sengketa di kemudian hari, yang dilakukan dengan hanya bertanggungjawab terhadap kotak atau box-nya saja, tetapi tidak bertanggungjawab pads isi kotak tersebut. Sedang di bank syari'ah, tanggung jawab tidak hanya sebatas kotaknya saja, melainkan kotak beserta isinya. Jadi bila barang hilang atau musnah diakibatkan oleh kesalahan bank, maka bank bertanggunggugat terhadap kerugian yang diderita oleh nasabah. Berkaitan dengan kedudukan hukum antar para pihak pada perjanjian safe deposit box dengan prinsip wadi 'ah lebih mencenninkan prinsip keadilan dan kesetaraan atau keseimbangan. Karena bank syari'ah berkedudukan sebagai penerima titipan yang wajib menjaga barang yang dititipkan sesuai dengan amanah yang telah diterimanya, sehingga bertanggung gugat atas kerugian yang diderita nasabah bilamana kerugian tersebut disebabkan oleh kesalahan bank syari'ah. Lain halnya di bank konvensional yang berkedudukan sebagai pemberi sewa, yang mengakibatkan resiko hilang atau musnahnya barang yang disewakan tersebut berada pada penyewa, sehingga lebih menguntungkan pihak bank.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 218/06 Saf p (Tidak Ada Abstrak)
Uncontrolled Keywords: BANK DEPOSITE � LAW AND LEGISLATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
EUIS SOFIAH, 030215480UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisandini P. Usanti, , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 26 Sep 2006 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 21:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item