PRIMA MAHARDIANI, 030315552
(2007)
PERSAINGAN USAHA ANTARA HONDA DENGAN TOYOTA DALAM PENJUALAN CITY CAR DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Honda adalah suatu merek kendaraan yang saat terkenal bagi masyarakat. Karena pelayanan yang sangat memuaskan serta kwalitas produk yang baik merupakan faktor yang sangat dominan yang mengantarkan Honda selalu berada pada urutan teratas disetiap penjualan produknya_ Dengan penguasaan pasar yang melebihi 50% itulah membuat Honda dari dulu hingga saat ini selalu berada pada urutan teratas. Apabila dikaitkan dengan penguasaan pasar yang diatur didalam UU No. 5 Tahun 1999, Honda tidak melanggar ketentuan yang ada didalamnya_ Pangsa pasar Honda yang lebih dari 50% dikarenakan peminat dari produk Honda semakin lama semakin meningkat.
Honda merupakan merek kendaraan bermotor yang mendominasi kendaraan di Surabaya. Dengan didominasinya kendaraan oleh satu merek itulah, timbul suatu kecenderungan terjadi monopoli. Namun persaingan yang terjadi antara Honda dengan Toyota bahkan dengan merek-merek lain dapat dikecualikan dari ketentuan-ketentuan yang diatur dalam UU No. 5 Tahun 1999 dengan meninjau pada pasal 50 huruf b UU No. 5 Tahun 1999. Karena Pasal 50 Huruf b UU No. 5 Tahun 1999 tersebut melindungi pelaku usaha yang bergerak pada bidang pemasaran barang yang berkaitan dengan merek.
Actions (login required)
|
View Item |