PEMENUHAN HAK CUTI HAID BAGI PEKERJA PEREMPUAN

LENY RACHMAWATI, 030415919 (2008) PEMENUHAN HAK CUTI HAID BAGI PEKERJA PEREMPUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-rachmawati-8067-fh110_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan telah mengatur tentang adanya cuti haid bagi peker a perempuan. Tetapi tidak semua perusahaan atau pengusaha memberikan cuti haid kepada peker a perempuannya. Pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, dulu cuti haid diatur dalam Pedanjian Kerja Bersama tetapi karena jumlah pekerja perempuan yang sangat sedikit maka peraturan tersebut direvisi sehingga haid tersebut termasuk dalam kategori sakit, maka dari itu bagi pekerja perempuan yang hendak mengajukan cuti haid hares menunjukkan surat dokter atau bidan yang harus diserahkan kepada personalia. Karena prosesnya yang dianggap terlalu merepotkan maka sebagian besar pekerja perempuan di Semen Gresik memilih untuk tidak memanfaatkan cuti haid tersebut. Hanya sekitar 1% pekerja perempuan yang memanfaatkan cuti haid, sedangkan 99% pekerja perempuan Semen Gresik memilih untuk tidak mendapatkan cuti haid. Hambatan bagi PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik berkaitan dengan pemberian cuti haid adalah kurangnya pengetahuan peker a perempuan terhadap hak-hak yang diterimanya. Selain itu pekerja perempuan enggan memberitahukan kepada dokter atau bidan rumah sakit perusahaan bahwa dia sedang mengalami haid. Upaya untuk mengurangi hambatan-hambatan tersebut maka pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik melakukan penyuluhan tentang hak-hak buruh termasuk salah satunya adanya pemberian cuti haid untuk pekerja perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2FH 110/08 Ram p
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEES � LAW AND LEGISLATION; WOMEN EMPLOYEES
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1270-1278 Labor laws and legislation
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
LENY RACHMAWATI, 030415919UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLanny Ramli, , S.H., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 01 Dec 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item