LETTER OF CREDIT (L/C) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DALAM TRANSAKSI EKSPOR

PALEVI . V . MASDULHAK, 030516143 (2009) LETTER OF CREDIT (L/C) SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN DALAM TRANSAKSI EKSPOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-masdulhakp-11946-abstrak-9.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-masdulhakp-10690-fh1610-l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di dalam transaksi ekspor, Letter Of Credit (L/C) digunakan sebagai alat pembayaran dari importir untuk membayar eksportir. L/C merupakan suatu perintah yang biasanya dilakukan oleh pembeli atau importir yang ditujukan kepada bank untuk membuka L/C agar membayar sejumlah uang kepada penjual atau eksportir, yang didahului dengan membuat suatu kontrak jual beli (Sales Contract). Cara pembayaran menggunakan L/C dimulai dengan adanya kontrak jual beli (Sales Contract) antara eksportir dengan importir. Atas dasar kontrak jual beli tersebut importir memohon kepada Bank Penerbit untuk menerbitkan L/C kepada eksportir sebagai alat pembayaran untuk membayar barang yang akan diekspor kepada importir. Bank Penerbit menerbitkan L/C kepada eksportir langsung atau melalui Bank Penerus. Dalam hal diterbitkan melalui Bank Penerus, Bank Penerus akan meneruskan L/C kepada eksportir. Letter Of Credit (L/C) merupakan cara pembayaran yang paling sering digunakan sebagai alat pembayaran di dalam transaksi ekspor dibandingkan dengan cara pembayaran internasional lainnya. L/C paling sering digunakan karena penggunaan L/C ini memberikan keuntungan bagi eksportir dan importir. Cara pembayaran menggunakan Letter Of Credit (L/C) banyak disukai dalam transaksi perdagangan internasional karena banyak sekali kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan cara pembayaran lainnya, antara lain karena adanya faktor keamanan bagi eksportir maupun importir yang tidak harus bertemu muka antara satu dengan lainnya, serta adanya kepastian bahwa pembayaran akan dilakukan apabila syarat L/C telah dipenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 161 09 Mas l
Uncontrolled Keywords: LETTER OF CREDIT,INTERNATIONAL TRADE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB810-962.8 Obligations. Contracts and transactions
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
PALEVI . V . MASDULHAK, 030516143UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgung Sudjatmiko, , S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 24 May 2010 12:00
Last Modified: 12 Sep 2016 11:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14034
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item