OPTIMALISASI APLIKASI TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (TPS) TELKOM E-SERVICE BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK

NOVI RICA MAULIDYA, 040831134 (2011) OPTIMALISASI APLIKASI TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (TPS) TELKOM E-SERVICE BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-maulidyano-22323-a208--k.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-maulidyano-19524-a208--o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telkom E- Service adalah layanan baru dari PT Telkom Indonesia Tbk yang diluncurkan pada tahun 2008 dipersembahkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan semakin mendekatkan perusahaan dengan pelanggan. Melalui layanan ini, pelanggan akan dapat kemudahan dalam berinteraksi dengan perusahaan secara online. Transaction Processing System ( TPS) merupakan subsistem input penting dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber guna mendapatka profil pelanggan. Dengan menganalisis laporan hasil Transaction Processing System terhadap hasil yang dilakukan member dapat mengetahui selera dan kebutuhannya. Hasil analisis tersebut diintegrasikan dengan menggunakan data dari proses Marketing Information System (MKIS), sehingga menghasilkan output yang dapat digunakan oleh Customer Relationship Management (CRM) yang dimiliki perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada member Telkom E-Service, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan perusahaan komunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan hampir seluruh rakyat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif deskriptif untuk mengevaluasi pemanfaatan Telkom E-Service terhadap transaksiyang dilakukan member guna mendapatkan nilai manfaat lebih oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk maupun member Telkom E-Service dalam memberikan pelayanan berbasis CRM. Hasil analisis menunjukkan bahwa TPS Telkom E-Service belum diolah lebih lanjut hanya sebatas layanan informasi dan permohonan serta tidak terintegrasi dengan MKIS sehingga belum dapat memberikan pelayanan berbasis CRM secara maksimal. Disarankan bahwa PT Telekomunikasi Indonesia Tbk menawarkan fitur pembayaran online dan pelayanan khusus kepada member sesuai preferensi atas transaksi yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 208/ 11 Mau o
Uncontrolled Keywords: TRANSACTION SYSTEMS (COMPUTER SYSTEMS)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101-6720 Telecommunication
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NOVI RICA MAULIDYA, 040831134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHendaryatno, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Mar 2012 12:00
Last Modified: 23 Jul 2016 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item