PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA OPERATOR SELULER ATAS ADANYA SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) SPAM

HANUM RAHMANIAR HELMI, 030710151 (2011) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA OPERATOR SELULER ATAS ADANYA SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) SPAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-helmihanum-21085-fh1531-k.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-helmihanum-17665-fh1531-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengguna jasa layanan operator seluler merupakan konsumen pelanggan dan pemakai jasa yang diberikan oleh operator seluler. Sebagai konsumen, segala sesuatu yang terkait dengan hak-hak konsumen telah dilindungi dengan Undang- Undang Perlindungan Konsumen. Sehubungan dengan hak konsumen, akhir-akhir ini telah banyak permasalahan mengenai pelanggaran atas hak konsumen terkait dengan pengiriman jasa SMS broadcast oleh pihak operator seluler kepada konsumen. SMS broadcast yang dikirim oleh operator seluler umumnya bersifat komersiil. Selain itu, SMS broadcast yang dikirim oleh penyedia jasa layanan operator seluler kepada pengguna jasa layanan operator seluler tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena SMS yang pengirimannya tidak dikehendaki oleh konsumen tersebut seringkali menimbulkan kerugian. Sehingga SMS broadcast tersebut seringkali disebut dengan SMS Spam atau SMS sampah. Perusahaan penyedia jasa layanan operator seluler wajib bertanggung gugat atas kerugian yang diderita konsumen akibat kelalaian yang dilakukan. Pihak pelaku usaha telah melanggar kewajiban yang seharusnya ditaati oleh setiap pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan usahanya. Dalam hal ini, pengguna jasa layanan operator seluler yang dilanggar hak-haknya dapat mengajukan gugatan PMH kepada pelaku usaha melalui jalur litigasi (melalui lembaga peradilan). Selain itu konsumen juga mengajukan gugatan melalui jalur non-litigasi, melalui BPSK dan penyelesaian dengan jalan damai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FH 153/11 Hel p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION-LAW AND LEGISLATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K600-615 Private law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
HANUM RAHMANIAR HELMI, 030710151UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGIANTO AL IMRON,, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Nov 2011 12:00
Last Modified: 20 Jul 2016 08:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item