BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA JARGON CLUB MOTOR CAN'S (COMMUNITY AREK NINJA SURABAYA)

EGHA BAGUS KUSUMA, 121011037 (2014) BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA JARGON CLUB MOTOR CAN'S (COMMUNITY AREK NINJA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-kusumaegha-35804-6.abst-k.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
36.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Bentuk, Fungsi, dan Makna Jargon Club Motor CAN'S (Community Arek Ninja Surabaya)” bertujuan untuk memperoleh pengetahuan istilah-istilah di dalam sebuah komunitas (club motor) yang umum digunakan dalam kegiatan club motor tersebut. Minimnya pengetahuan anggota club motor yang baru bergabung sebagai dasar utama yang melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut penelitian jargon club motor yang meliputi istilah-istilah asing yang masih sangat awam di kalangan masyarakat dan para anggota club motor yang baru bergabung. Secara umum, masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah bentuk, fungsi, dan makna jargon club motor yang digunakan para anggota club motor CAN'S (Community Arek Ninja Surabaya) di Surabaya. Penelitian ini dilakukan di basecamp atau tempat nongkrong club motor CAN'S, dengan periode pengambilan data selama tiga bulan yaitu bulan Maret sampai Mei 2014. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi dan makna jargon club motor CAN’S di Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk jargon club motor CAN’S berdasarkan akronim, sinonim, istilah asing, dan istilah club motor. Bentuk jargon club motor yang meliputi singkatan-singkatan dan istilah-istilah club motor di bentuk berdasarkan unsur semantik (pemaknaan). Selain bentuk juga terdapat fungsi jargon club motor CAN’S yaitu berfungsi untuk merahasiakan, mempersingkat serta mempermudah percakapan antar para anggota club motor. Selain itu juga berfungsi untuk menunjukkan identitas club motor, dan menciptakan suasana yang indah serta keseruan dalam menggunakan jargon club motor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.02/15 Kus b
Uncontrolled Keywords: MOTOR CLUB
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
EGHA BAGUS KUSUMA, 121011037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTubiyono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 23:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14319
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item