EDI SUSILO (2015) Transformasi Dokar Di Surabaya Tahun 1900-1945. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (213kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II KOTA DAN TRANSPORTASI DI SURABAYA MASA KOLONIAL.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III TRANSPORTASI DOKAR MASA KOLONIAL DI SURABAYA.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV TRANSFORMASI DOKAR MASA PENDUDUKAN JEPANG.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 21 May 2023. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tulisan ini bertujuan mengupas transportasi dokar sebagai kendaraan umum pada tahun 1900-1945 di Kota Surabaya, serta menganalisis proses transformasi dokar yang berlangsung selama kurun dua periode yang berbeda yakni Pemerintah Kolonial dan Pendudukan Jepang. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode sejarah yang meliputi empat tahap,yaitu tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data-data yang digunakan terdiri dari berbagai asrip pemerintah terutama terkait parutan kota Surabaya yang tertulis dalam Gemeenteblad dan koran pada masa kolonial dan Pendudukan Jepang. Sumber lain yang digunakan adalah wawancara, khususnya untuk masa pendudukan Jepang. Dokar mulai beroperasi di Surabaya pada tahun 1873 sebagai kendaraan umum. Pada periode ini, dokar menjadi transportasi kelas atas Kota Surabaya hingga munculnya kendaraan pribadi bermesin pada tahun 1890-an. Hasil penelitian ini menemukan bukti-bukti bahwa pada tahun 1900 transportasi dokar sedang mengalami proses transisi dari kendaraan kelas atas (elite) menjadi kendaraan strata sosial kelas menengah (middle class) setelah munculnya dua jenis kendaraan bermesin Motor dan Mobil. Posisi transportasi dokar semakin terdesak pada periode 1920 hingga 1930-an akibat semakin varitafnya jenis kendaraan yang hadir di kota Surabaya. Kondisi yang terus mendesak ini menjadikan kusir dokar melakukan proses penyesuian dan berbagai perlawanan untuk mempertahankan eksistensi mereka. Pada masa Pendudukan Jepang transportasi dokar mulai mengalami eksistensi kembali sebagai transportasi utama selain becak untuk melayani aktiftas masayarakat kota Surabaya sebagai konsekuensi dari tidak diperasikannya transportasi bermesin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS Sej. 43/14 Sus t | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kota Surabaya, Dokar, Transportasi | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic > BC11-39 History C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tn Yusuf Jailani | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 22 May 2020 09:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14584 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |