Transformasi Dokar Di Surabaya Tahun 1900-1945

EDI SUSILO (2015) Transformasi Dokar Di Surabaya Tahun 1900-1945. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (213kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II KOTA DAN TRANSPORTASI DI SURABAYA MASA KOLONIAL.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III TRANSPORTASI DOKAR MASA KOLONIAL DI SURABAYA.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV TRANSFORMASI DOKAR MASA PENDUDUKAN JEPANG.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengupas transportasi dokar sebagai kendaraan umum pada tahun 1900-1945 di Kota Surabaya, serta menganalisis proses transformasi dokar yang berlangsung selama kurun dua periode yang berbeda yakni Pemerintah Kolonial dan Pendudukan Jepang. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode sejarah yang meliputi empat tahap,yaitu tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data-data yang digunakan terdiri dari berbagai asrip pemerintah terutama terkait parutan kota Surabaya yang tertulis dalam Gemeenteblad dan koran pada masa kolonial dan Pendudukan Jepang. Sumber lain yang digunakan adalah wawancara, khususnya untuk masa pendudukan Jepang. Dokar mulai beroperasi di Surabaya pada tahun 1873 sebagai kendaraan umum. Pada periode ini, dokar menjadi transportasi kelas atas Kota Surabaya hingga munculnya kendaraan pribadi bermesin pada tahun 1890-an. Hasil penelitian ini menemukan bukti-bukti bahwa pada tahun 1900 transportasi dokar sedang mengalami proses transisi dari kendaraan kelas atas (elite) menjadi kendaraan strata sosial kelas menengah (middle class) setelah munculnya dua jenis kendaraan bermesin Motor dan Mobil. Posisi transportasi dokar semakin terdesak pada periode 1920 hingga 1930-an akibat semakin varitafnya jenis kendaraan yang hadir di kota Surabaya. Kondisi yang terus mendesak ini menjadikan kusir dokar melakukan proses penyesuian dan berbagai perlawanan untuk mempertahankan eksistensi mereka. Pada masa Pendudukan Jepang transportasi dokar mulai mengalami eksistensi kembali sebagai transportasi utama selain becak untuk melayani aktiftas masayarakat kota Surabaya sebagai konsekuensi dari tidak diperasikannya transportasi bermesin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej. 43/14 Sus t
Uncontrolled Keywords: Kota Surabaya, Dokar, Transportasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic > BC11-39 History
C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
EDI SUSILONIM121014066
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdy Budi SantosoNIDN0025106804
Depositing User: Tn Yusuf Jailani
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:00
Last Modified: 22 May 2020 09:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item