KESESUAIAN UKURAN KAOS OBLONG DENGAN UKURAN ANTROPOMETRI (ANALISIS DESKRIPTIF MENGENAI KESESUAIAN UKURAN KAOS OBLONG DENGAN UKURAN ANTROPOMETRI MAHASISWI FISIP UNAIR SURABAYA)

SUCI RAHAYU, 070417401 (2008) KESESUAIAN UKURAN KAOS OBLONG DENGAN UKURAN ANTROPOMETRI (ANALISIS DESKRIPTIF MENGENAI KESESUAIAN UKURAN KAOS OBLONG DENGAN UKURAN ANTROPOMETRI MAHASISWI FISIP UNAIR SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-rahayusuci-10281-fisant-9.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-rahayusuci-9775-fisant-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai kesesuaian ukuran antropometri dengan ukuran kaos oblong. Penelitian ini dilakukan untuk melihat ketepatan ukuran antara ukuran kaos dengan ukuran antropometri, hal ini terkait dengan perbedaan ukuran tubuh setiap individu dan tidak adanya standar ukuran nasional untuk ukuran kaos di Indonesia sehingga hal ini menyulitkan konsumen dalam memilih baju yang akan dibeli. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah ada kesesuaian ukuran kaos dengan ukuran antropometri mahasiswi FISIP Unair?. Metode yang digunakan untuk menganalisa kesesuaian ukuran antropometri dengan ukuran kaos ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Dalam metode pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode pengukuran antropometri, pengukuran pada kaos, kuesioner dan wawancara dengan penjahit. Setelah data terkumpul, kemudian peneliti memilah-milah data untuk dijadikan landasan bagi analisis penelitian. Data dikelompokkan kedalam klasifikasi ukuran kaos dan terakhir mengenai persepsi kenyamanan pada bagian kaos. Untuk menganalisa kesesuaian ukuran kaos dengan ukuran antropometri menggunakan analisa secara deskriptif oleh peneliti dan untuk hasil kuesioner menggunakan presentase. Pada penelitian ini ditemukan bahwa tidak semua ukuran antropometri sesuai dengan ukuran kaos. Hal ini berarti tidak semua bagian kaos yang dikenakan itu dirasa nyaman saat dikenakan. Ketidaksesuaian dapat dilihat pada salah satu bagian kaos yang dirasa nyaman namun ada juga bagian yang dianggap terlalu sempit atau terlalu longgar. Ukuran yang paling tidak sesuai adalah ukuran pada lebar dada, semua hasil ukuran antropometri pada variabel lebar dada untuk semua ukuran tidak ada yang sesuai dengan ukuran ketiga merek kaos yang dijadikan pembandingnya. Untuk ukuran variabel antropometri yang lainnya ditemukan bahwa pada salah satu ukuran bagian kaos ada yang dianggap sesuai namun juga pada bagian yang lain tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fis Ant 16/09 Rah k
Uncontrolled Keywords: ANTHROPOMETRY
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
SUCI RAHAYU, 070417401UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Dra., MA.,PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 06:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item