SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN, ADMINISTRASI PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH DAN PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH : Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Kualitas Penerapan Sistem Pengandalian Manajemen dan Kualitas Administrasi Pemungutan Pajak Restoran terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Restoran Kota Surabaya.

MARTIANINGSIH J. GHOZALI PUTRI, 070216729 (2006) SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN, ADMINISTRASI PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH DAN PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH : Studi Eksplanatif tentang Pengaruh Kualitas Penerapan Sistem Pengandalian Manajemen dan Kualitas Administrasi Pemungutan Pajak Restoran terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Restoran Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-putrimarti-3300-fisan2-k.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-putrimarti-3300-fisan2-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harapan penyelenggaraan pembangunan nasional pada hakekatnya adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur merata materiil dan spiritual. Salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut adalah menerapkan asas desentralisasi dengan penyerahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, yang disebut dengan otonomi daerah (otoda), dimana pemerintahan yang diberi wewenang yaitu pemerintah daerah mempunyai hak untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Dengan adanya otonomi daerah, maka daerah dituntut untuk dapat meningkatkan PAD-nya guna membiayai segala kegiatan pembangunan daerah. Salah satu sumber pendapatan asli daerah yang berkontribusi besar adalah berasal dari sektor pajak daerah, dan salah satu pajak daerah kota Surabaya yang memiliki potensi besar adalah berasal dari sektor restoran. Hal ini berdasarkan atas, pertama, pertumbuhan sektor pariwisata yang meningkat rata-rata 35% tiap tahunnya, kedua, pertumbuhan sektor perdagangan, hotel, dan restoran yang mengalami perkembangan yang pesat tiap tahunnya, dan ketiga, kewenangan Kota Surabaya dalam memungut pajak restoran berdasarkan UU No. 34 Tahun 2000 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Pada kenyataannya, walaupun pemasukan dari sektor pajak restoran mengalami peningkatan tiap tahunnya, namun pemasukan ini masih jauh dari potensi rill yang ada di lapangan, masih banyaknya jumlah objek pajak yang belum terdaftar, jumlah tunggakan yang tinggi, sampai kepada masalah wajib pajak yang tidak jujur, serta aparat yang kurang professional, sangat berdampak pada peningkatan penerimaan pajak restoran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai pajak restoran ini. Dimana sebagai variabel independent adalah kualitas penerapan sistem pengendalian manajemen dan kualitas administrasi pemungutan pajak restoran, variabel dependent-nya adalah tingkat penerimaan pajak restoran. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey, dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data pokok. Bentuk pertanyaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat tertutup (kuantitatif), dan untuk menguji konsistensi informan dilakukan wawancara. Teknik penarikan informan yang digunakan adalah random yang ditarik dengan sengaja. Teknik pengumpulan dilakukan dengan: mengumpulkan data primer, data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti, studi dokumentasi dan observasi sebagai pembanding dan menunjang data yang ada. Pengujian validitas data menggunakan product moment dari pearson sedangkan pengujian reabilitas data menggunakan ('roanbanch alpha, dengan dibantu program SPPSS 13. Tehnik analisa data menggunakan analisa regresi ganda dan korelasi parsial sebagai pengembangan dari korelasi product moment. Analisa regresi ganda digunakan untuk menguji signifikansi antara variabel X dan Y, sedangkan analisa korelasi parsial digunakan untuk mengetahui murni tidaknya hubungan antara variabel Xdan Y. Dari hasil perhitungan dan analisa, diperoleh suatu kesimpulan sebagai jawaban permasalahan, bahwa ada hubungan antara kualitas penerapan sistem pengendalian manajemen terhadap tingkat penerimaan pajak restoran sebesar 25,8%, dan ada hubungan antara kualitas administrasi pemungutan pajak restoran dengan tingkat penerimaan pajak restoran. sebesar 42,3%. Total kontribusi ke dua variabel adalah 68,1%, sedangkan sisanya 31,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.21/06 Put s
Uncontrolled Keywords: TAX MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MARTIANINGSIH J. GHOZALI PUTRI, 070216729UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Wahyuni Triana, Dra., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 22 Dec 2006 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 19:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item