UPAYA UNITED NATIONS TRANSITIONAL ADMINISTRATION IN EAST TIMOR (UNTAET) DALAM MENJAGA KEAMANAN PERBATASAN INDONESIA-TIMOR LESTE (2000-2002)

Nina Yudhi Puspita, 070316892 (2008) UPAYA UNITED NATIONS TRANSITIONAL ADMINISTRATION IN EAST TIMOR (UNTAET) DALAM MENJAGA KEAMANAN PERBATASAN INDONESIA-TIMOR LESTE (2000-2002). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-puspitanin-10365-fishi2-k.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-puspitanin-9963-hi2909-u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengambarkan upaya yang dilakukan oleh United Nations Transitional Administration in East Timor (UNTAET) dalam menjaga keamanan perbatasan Indonesia-Timor Leste. Dengan memakai konsep keamanan, upaya yang dilakukan oleh UNTAET merupakan sebuah reaksi dari adanya ancaman, gangguan yang berasal dari luar, maupun ancaman yang berasal dari dalam (negeri). Upaya UNTAET dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste dapat dilihat melalui konsep peran organisasi internasional. UNTAET sebagai lembaga bentukan PBB, yang berfungsi sebagai pemerintahan sementara di Timor Leste, melakukan upaya menjaga keamanan di perbatasan dengan cara menggalang kerjasama maupun perundingan dengan berbagai pihak demi terciptanya keamanan di perbatasan Indonesia-Timor Leste. Terutama kerjasama dan perundingan dengan Indonesia sebagai negara berdaulat di seberang garis wilayah Timor-Timur. Sejumlah temuan penulis peroleh dalam penelitian upaya-upaya yang dilakukan oleh UNTAET dalam menjaga keamanan perbatasan – Timor Leste adalah Pertama, Menempatkan sejumlah pasukan militer dibawah komando militer di beberapa wilayah di Timor Leste yang dekat dengan perbatasan Indonesia. Kedua, Bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Salah satu bentuk kerjasama antara UNTAET dengan Indonesia, adalah dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MOU). Persetujuan itu mengalami beberapa kali penambahan dan perubahan. Persetujuan pertama ditandatangani pada tanggal 12 Januari 2000 antara UNTAET, INTERFET, dan TNI. MOU yang pertama merupakan penegasan atas batas wilayah masing-masing negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis HI 29/09 Pus u
Uncontrolled Keywords: INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Nina Yudhi Puspita, 070316892UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Dra., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 16 Jul 2009 12:00
Last Modified: 09 Jul 2017 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item