VISIT INDONESIA YEAR 2008 SEBAGAI SOFT DIPLOMACY INDONESIA

Megahnanda Alidyan Kresnawati, 070417373 (2009) VISIT INDONESIA YEAR 2008 SEBAGAI SOFT DIPLOMACY INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-kresnawati-18660-fis.hi.1-k.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-kresnawati-15395-fis.hi.1-v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Globalisasi telah mengubah hubungan internasional secara signifikan. Hubungan internasional, yang tadinya hanya terfokus pada hubungan antar-negara, kini telah semakin kompleks dengan semakin membesarnya peranan aktor-aktor nonnegara. Dalam konteks demikian, diplomasi tidak lagi cukup dilakukan hanya melalui diplomasi tradisional yang resmi (official diplomacy), tetapi juga harus melalui jalurjalur (track) alternatif lainnya. Dalam hal ini, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengembangkan usaha diplomasinya dengan diplomasi publik atau yang juga dikenal sebagai soft diplomacy. Cara soft diplomacy ini diharapkan dapat memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan pemahaman tetang negeri ini kepada masyarakat internasional yang lebih luas agar mereka memiliki perspektif yang berimbang mengenai Indonesia di tengah maraknya pemberitaan negatif tentang Indonesia. Salah satu saluran yang dapat digunakan dalam rangka soft diplomacy adalah pariwisata. Pemerintah, dalam hal ini Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, mencanangkan program Visit Indonesia Year 2008 (VIY 2008). Penelitian ini ingin menunjukkan bahwa VIY 2008, sekalipun tidak secara eksplisit dimaklumatkan sebagai suatu upaya soft diplomacy Indonesia, memenuhi seluruh kriteria untuk menjadi suatu upaya soft diplomacy. Untuk dapat disebut sebagai suatu soft diplomacy, upaya tersebut harus dapat memfasilitasi terciptanya suatu pemahaman bersama (mutual understanding) antara negara dengan masyarakat, baik domestik maupun internasional. Berikutnya, upaya tersebut harus mampu mencakup tiga currency soft power, yaitu citra, kredibilitas, dan reputasi. Dan ketiganya hanya mungkin tercipta dalam konteks pengertian bersama (mutual understanding) tadi. Kata Kunci Visit Indonesia Year 2008, Pariwisata, soft diplomacy, soft power, pemahaman bersama, citra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis.HI.11/10 Kre v
Uncontrolled Keywords: DEVELOPMENT ECONOMICS DIPLOMACY INTERNATIONAL RELATIONS
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Megahnanda Alidyan Kresnawati, 070417373UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVincensio M.A. Dugis, Drs. , M.A, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 09 May 2011 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 03:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item