STRATEGI KAMPANYE POLITIK PEMENANGAN PILKADAL Strategi Politik M-Center dalam Memenangkan Mustofa Kemal Pasha pada Pilkadal Mojokerto 2010

Yuwono, Hanif Vidi, NIM. 070810072 (2012) STRATEGI KAMPANYE POLITIK PEMENANGAN PILKADAL Strategi Politik M-Center dalam Memenangkan Mustofa Kemal Pasha pada Pilkadal Mojokerto 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-yuwonohani-23163-p.03-12--k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-yuwonohani-19435-p.03-12-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah Langsung merupakan kerangka kelembagaan baru di dalam merajut kehidupan politik yang lebih demokratis di daerah. Dimensi kekuasaan memberikan pandangan bahwa setiap warga negara berhak untuk meraih, mempertahankan dan melaksanakan kekuasaan yang ada. Semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk bisa terpilih sebagai Kepala Daerah. Namun, modal yang dimiliki setiap warga Negara tidaklah sama. Oleh karena itu hal yang paling terpenting untuk mengakalinya adalah bagaimana merancang strategi pemenangan yang baik dan jitu serta ditunjang oleh perangkat organisasi yang hebat dalam pengoperasionalisasiannya. Keberadaan organisasi kampanye politik merupakan fenomena yang unik dalam penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah. Bagi seorang calon, organisasi kampanye bertindak sebagai penyambung visi misi dengan langkah pemenangan. Pembentukan organisasi kampanye politik dianggap oleh para kandidat sebagai cara yang efektif dalam mengorganisir langkah-langkah pemenangan dalam pemilihan Kepala Daerah. Setiap organisasi kampanye politik pasti mempunyai kekhasan masing-masing yang mempengaruhi tingkat keberhasilannya dalam pemenangan kandidat. Penelitian Kualitatif ini dilakukan di Mojokerto, dimana disinilah sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat bernama M-CENTER, yang bisa dikatakan sebagai organisasi kampanye politik, berhasil menyusun strategi politik yang mampu memenangkan calon baru, Mustofa Kamal Pasha melawan calon incumbent. Wawancara mendalam dilakukan kepada anggota M-CENTER untuk mengetahui strategi politik yang dipakai untuk memenangkan Mustofa Kamal Pasha agar lebih memahami fenomena yang ada. Dengan menggunakan frame teori marketing politik, diharapkan dapat memberikan ulasan mengenai bagaimana pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat. Marketing politik telah memberikan perspektif alternatif yang dapat digunakan oleh politikus atau kontestan politik untuk lebih mendekatkan diri dengan mayarakat, agar lebih efisien serta efektif dalam membangun hubungan dua arah dengan konstituen dan masyarakat. Sehingga melalui marketing politik, akan diketahui upaya pendekatan M-CENTER terhadap masyarakat, sebagai langkah strategis dalam memenangkan Mustofa Kamal Pasha dalam Pilkadal kabupaten Mojokerto 2010.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 P.03/12 Yuw s
Uncontrolled Keywords: STRATEGI ELECTION CAMPAIGN
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government > K3290-3304 The people. Election law
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Yuwono, Hanif Vidi, NIM. 070810072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 06 Mar 2012 12:00
Last Modified: 30 Sep 2016 09:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14897
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item