Purnamawaarti, Hastri Ika Nursanti, NIM. 070810620 (2012) KINERJA PENDIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO :Studi perbandingan antara pendidik yang sudah dan yang belum menerima tunjangan profesi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-purnamawaa-23471-s.06-12--k.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-purnamawaa-19851-s.06-12-k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dengan adanya realitas yang ada dimana profesi pendidik banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat seiring semakin sejahteranya pendidik karena adanya tunjangan profesi. Berkaitan dengan pemberian tunjangan profesi dimaksudkan agar pendidik di Indonesia mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Disisi lain dari pengamatan peneliti masih banyak pendidik yang belum mengetahui mengenai kegiatan pembelajaran yang belum optimal termasuk dalam hal ini adalah kinerja pendidik yang belum maksimal. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui perbedaan kinerja pendidik antara pendidik yang sudah menerima tunjangan profesi dan yang belum menerima tunjangan profesi serta komponen-komponen pembelajaran mana sajakah yang terdapat perbedaan antara pendidik yang sudah dan yang belum menerima tunjangan profesi. Untuk menganalisa realitas ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan paradigma positivisme yang secara khusus menggunakan teori motivasi yang dikemukakan oleh David McClelland dan teori sistem tindakan oleh Talcott Parsons, yang secara khusus konsep yang digunakan adalah motivasi untuk berprestasi serta teori sistem tindakan adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, dan latensi. Dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kinerja pendidik antara pendidik yang sudah menerima tunjangan profesi dengan pendidik yang belum menerima tunjangan profesi di Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro. Hal ini dapat diketahui pada taraf signifikansi pada pengujian hipotesa yakni dari hasil penelitian memperoleh taraf signifikansi kurang dari 5% sebanyak 0,003. Komponen-komponen pembelajaran yang membedakan antara pendidik yang sudah menerima tunjangan profesi dengan pendidik yang belum menerima tunjangan profesi adalah komponen pendidik mengenal karakteristik peserta didik serta pendidik menguasai teori belajar, dan komponen pendidik menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Secara khusus penelitian ini juga membuktikan bahwa penelitian mengenai pendidik yang sudah menerima tunjangan profesi maupun pendidik yang belum menerima tunjangan profesi memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja pendidik di sekolah dasar negeri di Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 S.06/12 Pur k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CIVIL SERVICES - SALARIES; EDUCATIONAL - LAW AND LEGISLATION | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2331.7-2335.8 Teaching personnel | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 02 Apr 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2016 08:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14919 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |