YAHYA HAPPY CH., 070610130
(2012)
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK: Kualitas Pelayanan Publik dalam Program Pelayanan Surat Ijin Mengemudi (SIM) Corner di Sidoarjo.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pelayanan Publik merupakan issue yang paling mengemuka dalam
pengelolaan administrasi publik, maka dengan adanya otonomi daerah diharapkan
dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik pada masyarakat. Organisasi publik
idealnya memperhatikan kriteria pelayanan publik yang mengacu pada Keputusan
Menpan No.63 Tahun 2003. Provinsi Jawa Timur menjadi pilot project pelayanan
publik di Indonesia,. Kantor Satlantas Polres Sidoarjo termasuk salah satu instansi
pemerintah yang mendapatkan ISO, akan tetapi masih ada keluhan dari
masyarakat. Fokus penelitian ini adalah ingin melihat kualitas pelayanan publik
pada SIM Corner Sun City Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui kualitas pelayanan publik pada SIM Corner Sun City Sidoarjo
Provinsi Jawa Timur; Pendekatan teori yang digunakan untuk menjelaskan
permasalahan tersebut adalah teori Parasuraman dan Atep Adya Barata tentang
kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, tipe
penelitian deskripsi dan penentuan informan secara purposive sampling . Hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelayanan di SIM Corner Sun City
Sidoarjo belum optimal, hal ini disebabkan karena lemahnya tingkat kepedulian
dan keberpihakan dari petugas kepada masyarakat dan beberapa fasilitas di SIM
Corner Sun City Sidoarjo yang kurang memadai.
Actions (login required)
|
View Item |