IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN SEKOLAH LAPANGAN PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) DI KABUPATEN LAMONGAN :Studi Deskripsi Tentang Faktor-Faktor Yang Mendukung Keberhasilan Program Pendampingan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT)

DEDI SETYAWAN, 070417531 (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN SEKOLAH LAPANGAN PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) DI KABUPATEN LAMONGAN :Studi Deskripsi Tentang Faktor-Faktor Yang Mendukung Keberhasilan Program Pendampingan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
AN.05-12 Set i abstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
AN.05-12 Set i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertanian merupakan salah sektor penting dan menyangkut keberlangsungan hidup masyarakat. Kabupaten Lamongan merupakan salah satu daerah yang berhasil dalam pembanguinan sektor pertanain melalui program pendampingan Sekolah Lapangan Pengelolan Tanaman Terpadu (SL-PTT). Program ini dilaksanakan di laksanakan di seluruh wilayah kecamatan Kabupaten Lamongan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi program Pendampingan Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Lamongan. Sedangkan permasalahan kedua adalah Faktor-faktor apakah yang mendukung keberhasilan implementasi Program Pendampingan Sekolah Lapangan Pengolahan Tanaman Terpadu (SL-PTT) yang dilakukan di Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan proprsif yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasialn implementasi program pendampingan SL-PTT didukung dengan berbagai faktor. Faktor pertama adalah isi kebijakan, yang meliputi kepentingan terpengaruh, jenis manfaat, perubahan yang diharapkan, pelaksana progrma, letak pengambilan keputusan. Faktor isi kebijakan mendorong adanya dukungan masyarakat, dan organisasi pelaksanan yang efektif. Sementara pada faktor kedua adalah lingkup implementasi, yang meliputi kekuasaan, kepentinga dan strategi, karekter organisasi, dan daya tangkap pelaksana. Faktor lingkup kebijakan mendorong adanay kemampuan pelaksana yang berkualitas dan ketepatan pada langka yang diambil untuk mencapai tujuan implementasi. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa implementasi program pendampingan Sekolah Lapangan Pengelolan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Kabupaten Lamongan sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 AN.05/12 Set i
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Sekolah Lapanagan Pengelolan Tanaman Terpadu (SLPTT), pembangunan pertanian.
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5514-5526 Societies, associations, academies, institutes, etc., for peace promotion, research and education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DEDI SETYAWAN, 070417531UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 03 Apr 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item