OPINI KONSUMEN TERHADAP KREDIBILITAS KONSULTAN INDEPENDEN ORIFLAME (Studi Deskriptif Terhadap Kredibilitas Konsultan Independen Oriflame Pada Konsumen Oriflame di Wiiayah Kecamatan Gubeng Surabaya)

ANGGIA RISTIKA ANJANI, 070216779 (2006) OPINI KONSUMEN TERHADAP KREDIBILITAS KONSULTAN INDEPENDEN ORIFLAME (Studi Deskriptif Terhadap Kredibilitas Konsultan Independen Oriflame Pada Konsumen Oriflame di Wiiayah Kecamatan Gubeng Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
15. Abstrak Fis K 51-06 Anj o.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-anjaniangg-3134-fisk51-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran yang tepat sangat dibutuhkan oleh perusahaan mengingat kompetisi bisnis yang ketat saat ini. Direct selling adalah salah satu strategi yang dapat digunakan karena dengan strategi ini perusahaan dapat berinteraksi dengan konsumen. Oriflame, perusahaan kosmetik asal Swedia menggunakan strategi direct selling dalam memasarkan produknya. Walaupun memiliki keunggulan bisa berinteraksi dengan konsumen, akan sia-sia apabila kredibilitas konsultan independen Oriflame (tenaga pemasar Oriflame) dianggap rendah oleh konsumennya. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui opini konsumen Oriflame terhadap kredibilitas konsultan independen Oriflame. Kredibilitas, menurut Hovland dan Weiss adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifat komunikator, dua komponen terpenting dari kredibilitas adalah trustworthiness dan expertness. Sedangkan pengertian dari opini adalah suatu pendapat yang merupakan pertimbangan seseorang tentang suatu hal. Opini mempunyai kekuatan. Ia akan mendukung perusahaan jika bersifat positif dan dapat menghancurkan perusahaan jika bersifat negatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena hanya akan menggambarkan opini konsumen terhadap kredibilitas konsultan independen. Penelitian ini menggunakan metode survey terhadap konsumen Oriflame di wilayah Kecamatan Gubeng, Surabaya. Teknik pengambilan sampel adalah purposive, dimana responden diambil berdasarkan syarat-syarat tertentu yang sudah ditetapkan peneliti.Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diukur dengan skala Likert. Data yang didapat kemudian disajikan dalam tabel frekuensi dan tabel silang untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa opini mayoritas responden terhadap kredibilitas, baik trustworthiness maupun expertness konsultan independen Oriflame ternyata tinggi. Hasil yang positif ini hendaknya tidak membuat pihak Oriflame berpuas diri. Kredibilitas konsultan Oriflame seharusnya juga lebih ditingkatkan melalui pelatihan atau seminar yang diadakan oleh Oriflame.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 51/06 Anj o
Uncontrolled Keywords: OPINIONS, MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANGGIA RISTIKA ANJANI, 070216779UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan-yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15042
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item