ISLAM RADIKAL DI INDONESIA (STUDI TENTANG: FRONT PEMBELA ISLAM, HIZBUT TAHRIR, MAJELIS MUJAHIDIN INDONESIA DAN LASKAR JIHAD)

Achmad Adri Rachmatsjah, 079615225 (2006) ISLAM RADIKAL DI INDONESIA (STUDI TENTANG: FRONT PEMBELA ISLAM, HIZBUT TAHRIR, MAJELIS MUJAHIDIN INDONESIA DAN LASKAR JIHAD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
46. Abstrak Fis P 18-06 Rac i.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-rachmatsja-3085-fisp.18-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Judul dari skripsi ini adalah Islam Radikal di Indonesia (Studi tentang: Front Pembela Islam, Hizbut Tahrir, Majelis Mujahidin Indonesia dan Laskar Jihad). Skripsi ini terdiri atas lima bab. Bab pertama, yang merupakan bab pendahuluan, menguraikan penyebab pemilihan topik ini, permasalahan yang diangkat oleh penulis, tujuan penelitian dan kerangka pemikian. Konsep yang digunakan adalah agama, Islam, radikal dan sistem politik demokrasi. Penulis memakai studi literatur (library research) sebagai metode penelitian. Bab dua menguraikan apa yang dimaksud dengan Islam Radikal dan sejarah keberadaannya. Bab ini dimulai dengan kedatangan Islam ke Nusantara. Bom Bali 12 Oktober 2002 menjadi sub-bab terakhir dari bab tersebut. Bab ketiga mendeskripsikan berbagai gerakan Islam Radikal yang akhir-akhir ini sering mewarnai kancah perpolitikan Indonesia berikut latar belakang pendiriannya, struktur organisasi, metode perjuangan, dan tokoh pendiri serta penggeraknya. Bab empat mengetengahkan implikasi teoritis dari penelitian yang dilakukan penulis terhadap Islam Radikal. Bab ini juga berisi prediksi tentang Islam Radikal berkaitan dengan sistem politik tanah air di masa depan. Bab lima merupakan bab penutup. Selain berisi kesimpulan dan saran, juga diutarakan harapan-harapan penulis. Tujuan dari skripsi ini adalah menguraikan definisi Islam Radikal dan menemukan latar belakang sejarah keberadaannya, mendeskripsikan berbagai gerakan Islam Radikal, dan terakhir yakni mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai oleh gerakan Islam Radikal. Bagian akhir skripsi ini dilengkapi dengan daftar pustaka. Pilihan referensi yang dimasukkan dalam daftar pustaka terutama yang berhubungan langsung dengan topik skripsi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 18/06 Rac i
Uncontrolled Keywords: POLITICS; RELIGIOUS INSTITUTIONS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-50 Religion (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Adri Rachmatsjah, 079615225UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutrisno, Drs., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 04 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item