KOMPOSISI PROGRAM ACARA SCTV DALAM MENJALANKAN FUNGSI MEDIA MASSA (Studi deskriptif tentang komposisi program acara SCTV dalam menjalankan fungsi televisi sebagai media massa)

NOVIANA MARSELINE, 070116454 (2006) KOMPOSISI PROGRAM ACARA SCTV DALAM MENJALANKAN FUNGSI MEDIA MASSA (Studi deskriptif tentang komposisi program acara SCTV dalam menjalankan fungsi televisi sebagai media massa). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
23. Abstrak Fis K 47-06 Mar k.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-marselinen-3131-fisk47-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Televisi merupakan institusi media yang mempunyai peran mediasi yaitu berperan sebagai penengah atau penghubung antara realitas sosial dengan pengalaman pribadi. Dalam melakukan peran mediasi tersebut televisi mempunyai fungsi pokok dalam masyarakat. Fungsi – fungsi tersebut adalah fungsi informasi, fungsi korelasi, fungsi kesinambungan, fungsi hiburan dan fungsi mobilisasi. Melalui program - program acara yang ditayangkan televisi menjalankan fungsi-fungsinya tersebut. Bertambahnya jumlah stasiun televisi tersebut membuat persaingan antar media televisi semakin ketat sehingga memacu stasiun - stasiun televisi untuk memberikan bermacam – macam program yang dapat diterima masyarakat dan menuntun kebijaksanaan televisi dalam menjalankan fungsinya sebagai media massa. Pada bulan Januari 2006 SCTV sebagai stasiun televisi swasta mengganti logo dan taglinenya dan memantapkan sebagai televisi keluarga. Karena itu peneliti ingin mengetahui komposisi program acara SCTV pada bulan Jaanuari 2006 dalam menjalankan fungsi media massa. Kerangka konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah televisi dan fungsinya sebagai media massa elektronik, program acara televisi dan struktur, karakter dan tema program acara. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis dengan tipe penelitian deskriptif. Unit analisis yang digunakan adalah seluruh program acara yang ditayangkan SCTV. Penelitian ini menggunakan kategorisasi yang memakai acuan teori mengenai lima fungsi media massa menurut Dennis McQuail dan Stanley J Baran. Pendokumentasian serta pencatatan program acar dilakukan untuk menggumpulkan data yang diperlukan. Teknik analisis datanya dengan menggunakan tabel frekuensi. Selama bulan Januari 2006 SCTV menayangkan program acara yang memuat seluruh fungsi media massa walaupun tidak merata. Fungsi yang paling banyak ditemukan adalah fungsi kesinambungan kemudian fungsi hiburan, fungsi informasi, fungsi mobilisasi dan yang terakhir fungsi korelasi. Hal tersebut mengingatkan akan besarnya pengaruh televisi bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 47/06 Mar k
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA; READING - PSYCHOLOGICAL ASPECTS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NOVIANA MARSELINE, 070116454UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 Dec 2006 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item