PERAN SEBAGAI IBU DAN SEBAGAI ISTRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN SEBAGAI IBU DAN SEBAGAI ISTRI OLEH PEREMPUAN YANG MENIKAH DI USIA MUDA AKIBAT KEHAMILAN DI LUAR NIKAH)

Novelyn Diana Nona Krisna Tanjung, 070216705 (2007) PERAN SEBAGAI IBU DAN SEBAGAI ISTRI (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERAN SEBAGAI IBU DAN SEBAGAI ISTRI OLEH PEREMPUAN YANG MENIKAH DI USIA MUDA AKIBAT KEHAMILAN DI LUAR NIKAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-tanjungnov-4629-fiss05-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
15068.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konsepsi peran mengandaikan seperangkat harapan. Para pelaku peran diharapkan untuk bertindak dengan cara-cara tertentu dan mengharapkan pelaku peran yang lain untuk bertindak dengan cara-cara tertentu pula. Pasangan suami¬ istri yang baru menikah tentunya akan mendapatkan peran yang baru pula. Dalam penelitian ini, diajukan dua rumusan masalah, yakni: pertama, bagaimana pasangan suami-istri yang menikah akibat kehamilan di luar nikah menjalankan peran sebagi orang tua dan sebagai seorang suami atau seorang istri? Kedua, hal-hal apa sajakah yang mampu mendorong pasutri yang menikah akibat kehamilan di luar nikah untuk meningkatkan perannya sebagai orang tua dan sebagai suami atau istri agar menjadi lebih baik? Sebagai pisau analisis dalam penelitian ini, beberapa teori dan pemikiran yang dipakai, diantaranya adalah: teori peran, pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, teori kontrol sosial, penyesuaian diri dalam perkawinan, dan tahap-tahap perkembangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe pcnelitian deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Surabaya. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1. Karena Ketidaksiapan informan saat menikah, maka mereka masih banyak dibantu oleh orang tua dan keluarga, baik masalah ekonomi maupun pengasuhan anak; 2. Para informan belum seutuhnya mampu menjalankan peran sebagai ibu dan sebagai istri yang baik, bahkan beberapa di antara informan tersebut selingkuh dengan laki-laki lain; 3. Informan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan keluarga pasangan, terutama ibu mertua; 4. Para Informan belum sepenuhnya mampu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan (sikap dan perilaku) lamanya; 5. Hal yang dapat mendorong para informan untuk menjadi lebih baik dalam menjalankan perannya adalah denga menumbuhkan kontrol sosial internal melalui rangsangan dan dukungan sosial yang positif dari orang-orang yang ada disekitar mereka, kehadiran anak, pengendalian melalui sosialisasi, dan pengaruh faktor situasi terhadap perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 05/07 Tan p
Uncontrolled Keywords: WOMEN - SOCIAL ASPECTS; COMMUNICATION IN THE FAMILY
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ760-767.7 Family size
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV697-700.7 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Novelyn Diana Nona Krisna Tanjung, 070216705UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Norma N, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 11 May 2007 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 19:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15068
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item