PENGARUH SIGNIFIKANSI PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN EKOWISATA MANGROVE WONOREJO AYU IRENE SADIKA PUTRI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA DEPARTEMEN ADMINISTRASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU P

AYU IRENE SADIKA PUTRI, 070710578 (2012) PENGARUH SIGNIFIKANSI PENGHARGAAN LINGKUNGAN HIDUP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN EKOWISATA MANGROVE WONOREJO AYU IRENE SADIKA PUTRI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA DEPARTEMEN ADMINISTRASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU P. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-putriayuir-26165-11.-abst-i.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu apakah signifikansi penghargaan lingkungan hidup berpengaruh terhadap tingkat semangat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan ekowisata, serta untuk menjelaskan bagaimana pengaruhnya. Penelitian ini mengambil lokasi di Ekowisata Mangrove kelurahan Wonorejo kecamatan Rungkut kota Surabaya. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah diperlukannya partisipasi dari masyarakat secara berkelanjutan dalam proses pengelolaan dan pelestarian lingkungan, khususnya pengelolaan kawasan ekowisata. Kebutuhan akan partisipasi masyarakat dalam hal pengelolaan lingkungan ini sesuai dengan UU No.23 Tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup, dan telah diperbarui dengan UU No.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Namun dari sejumlah penelitian terdahulu, telah diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat dewasa ini masih cenderung minim dan hal ini butuh perhatian khusus dari pemerintah. Munculnya beragam penghargaan dengan kategori lingkungan yang diberikan kepada pihak Ekowisata Mangrove Wonorejo juga melatarbelakangi permasalahan tersebut. Keberadaan penghargaan ini memberikan indikasi bahwa semakin meningkatnya kualitas pengelolaan lingkungan ekowisata yang tentu saja tidak terlepas dari semangat partisipasi masyarakat setempat yang terus melakukan pelestarian dan pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan. Sehingga dari permasalahan tersebut penelitian ini mencoba mencari tahu pengaruh antara kedua variabel tersebut, yaitu signifikansi penghargaan lingkungan hidup dan semangat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan ekowisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga yang berada di kelurahan Wonorejo. Yang dijadikan responden adalah semua warga yang telah terdaftar aktif turut memberikan partisipasi dalam pengelolaan Ekowisata Mangrove Wonorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu Pertama data primer diperoleh melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan kuesioner. Kedua, data sekunder diperoleh dari sumber kedua atau sumber yang dibutuhkan. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana, yaitu suatu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa signifikansi penghargaan lingkungan hidup berpengaruh pada tingkat semangat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan ekowisata. Besarnya pengaruh variabel signifikansi penghargaan lingkungan hidup adalah 19,5% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.47/12 Put p
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY, PUBLIC PARTICIPATION, RESPONSIBILITY
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
AYU IRENE SADIKA PUTRI, 070710578UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Sunaryo, M.PStUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item