IMPLEMENTASI PROGRAM LARASITA (Studi Deskriptif tentang Penerapan Program Larasita " One Day Service " di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sidoarjo)

KENY KARINA BONITA, 070810095 (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM LARASITA (Studi Deskriptif tentang Penerapan Program Larasita " One Day Service " di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-bonitakeny-26184-6.-abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Badan Pertanahan Nasional RI selama ini memiliki citra yang buruk di masyarakat karena pelayanan yang buruk, berbelit-belit, mahal dan banyaknya calo. Selain itu masih banyaknya permasalahan pertanahan yang terjadi di Indonesia seperti sengketa lahan dan minimnya prosentase tanah yang tersertifikat di Indonresia. Oleh karena itu BPN berupaya memperbaiki pelayanan yang semula dinilai buruk oleh masyarakat dengan menghadirkan Larasita. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana implementasi Program Larasita di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui bagaimana penerpanan program tersebut digunakan 3 variabel implemetasi menurut Mazmanian dan Sabatier yaitu Mudah tidaknya masalah dikendalikan, kemampuan kebijaksanaan untuk menstrukturkan proses implementasi.dan variabel diluar kebijaknsanaan yang mempengaruhi proses. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Sidoarjo dan di Desa Kemiri Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Informan yang diambil dalam penelitian ini para petugas Larasita dan pengguna layanan program Larasita di desa Kemiri. Untuk teknik penentuan informan bagi pemberi layanan menggunakan Purposive Sampling. Sedangkan pengguna layanan Larasita menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.52/12 Bon i
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICE ; COOPERATIVE SOCIETIES
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
KENY KARINA BONITA, 070810095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. bintoro Wardiyanto, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item