REPRESENTASI PENAMPILAN PRIA METROSEKSUAL DALAM KATALOG ORIFLAME (Studi Semiotik Dalam Katalog Oriflame Edisi Agustus 2006, Januari 2007, Februari 2007, Mei 2007,Juni 2007, Oktober 2007)

FEBRINA CAROLINA, 070316884 (2007) REPRESENTASI PENAMPILAN PRIA METROSEKSUAL DALAM KATALOG ORIFLAME (Studi Semiotik Dalam Katalog Oriflame Edisi Agustus 2006, Januari 2007, Februari 2007, Mei 2007,Juni 2007, Oktober 2007). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-carolinafe-9116-abstract-8.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Metroseksual merupakan sebuah fenomena baru yang banyak mendapat perhatian masyarakat di berbagai negara termasuk di Indonesia. Metroseksual adalah sosok pria mapan yang hidup di daerah perkotaan dan sangat peduli dengan penampilannya selain itu sosok pria metroseksual juga dapat dilihat di berbagai media salah satunya dalam iklan. Fenomena Metroseksual ini juga terlihat pada berbagai iklan yang mulai mengeksplor pria sebagai modelnya menggeser wanita yang biasanya banyak digunakan sebagai latar dekoratif dalam iklan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana representasi penampilan pria metroseksual dalam iklan katalog Oriflame. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis isi kualitatif dengan metode semiotik Pierce menekankan pada kategori hubungan tanda dengan acuannya. Sistem tanda berupa gambar dan tulisan dalam iklan produk yang menggambarkan penampilan pria metroseksual menjadi unit analisis dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan dan penginterpretasian tanda berupa ikon, indeks, simbol iklan-iklan bertemakan pria metroseksual dalam katalog Oriflame. Berdasarkan pengamatan peneliti tujuh iklan telah terpilih, yaitu: S8 versi 1, S8 versi 2, Iklan Oriflame Men'seri perawatan wajah, iklan Oriflame Men seri perawatan tubuh, iklan Oriflame Men Body Expert, iklan Oriflame Men Age Control, dan Soul edt. Hasil penelitian menunjukkan representasi penampilan pria metroseksual berdasarkan penggunaan pakaian yang fashionable, potongan rambut stylish, wajah yang bersih dan sehat, tubuh bersih dan harum, bentuk tubuh proporsional. Metroseksual merupakan sosok pria berduit yang berpenampilan cantik dan narsis hidup di perkotaan dengan segala akses penunjang penampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 41 08 Car r
Uncontrolled Keywords: MASCULINITY(PSYCHOLOGY); MEN � PSYCHOLOGY
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2042-2044 Life style
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FEBRINA CAROLINA, 070316884UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Mar 2009 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item