STRATEGI KOMUNIKASI PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM LONG DISTANCE MARRIAGE RELATIONSHIPS PADA TAHAP AWAL PERKAWINAN

Astie Alfiani, 070317006 (2008) STRATEGI KOMUNIKASI PASANGAN SUAMI ISTRI DALAM LONG DISTANCE MARRIAGE RELATIONSHIPS PADA TAHAP AWAL PERKAWINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-alfianiast-9121-abstract-8.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
15132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya fenomena pasangan suami istri yang harus tinggal berjauhan pasca menikah, yang disebut long distance marriage relationships. Hal ini terjadi karena melanjutkan pendidikan, menjalankan penugasan kerja, serta tugas kemiliteran, membuat mereka terpaksa harus berpisah sementara waktu. Tentunya bila dibandingkan dengan marriage relationships yang jarak relatif dekat, long distance marriage relationships ini akan memiliki godaan yang lebih besar, menyangkut komitmen dan kepercayaan. Oleh sebab itu, sangat dibutuhkan strategi komunikasi dalam long distance marriage relationships yang tepat, sehingga tidak melemahkan hubungan atau deterioration, yang dapat memicu munculnya perceraian. Berdasarkan fenomena diatas, maka peneliti mengemukakan permasalahan penelitian, yaitu "Bagaimana strategi komunikasi pasangan suami istri dalam long distance marriage relationships pada tahap awal perkawinan". Dalam penelitian ini tinjauan pustaka yang digunakan adalah : Interpersonal communications, Marriage relationships, Communication in marriage, Long distance marriage relationships, dan Strategi komunikasi dalam long distance marriage relationships. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Sasaran penelitian adalah tiga pasangan suami istri pada tahap awal perkawinan yang sedang menjalani long distance marriage relationships, di kota yang berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah indepth interview. Sedangkan teknik untuk menganalisis data peneliti menyusun transkrip dari seluruh hasil indepth interview ke dalam bentuk satuan narasi, sehingga mudah dimengerti. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pasangan suami istri dalam long distance marriage relationships pada tahap awal perkawinan adalah : Directness, bertanya langsung bagaimana komitmen dan kesungguhannya dalam mempertahankan hubungan yang terjalin; Indirect Suggestion, berbagi cerita dan bercanda mengenai hal-hal kecil tentang masa depan bersama; Triangular Love, mempertahankan kepercayaan, komunikasi, serta kejujuran ketika terpisah dari pasangan; Keep in touch, memaksimalkan komunikasi, misalnya dengan cara sepakat untuk segera menelpon atau berkirim sms melalui ponsel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 45 08 Alf f
Uncontrolled Keywords: MARRIAGE; COMMUNICATION; MAN-WOMEN RELATIONSHIPS
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ801-801.83 Man-woman relationships. Courtship. Dating
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Astie Alfiani, 070317006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestyaningsih Dwi Dayanti, Dra., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Mar 2009 12:00
Last Modified: 04 Jun 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15132
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item