PENGARUH IMPLEMENTASI SIFAT FAŢĀNAH DALAM KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI

ADISTIAR PRAYOGA, 040610516 (2012) PENGARUH IMPLEMENTASI SIFAT FAŢĀNAH DALAM KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-prayogaadi-19891-febei1-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan merupakan bagian yang esensial dari kehidupan, secara pribadi maupun dalam ruang lingkup yang lebih besar, yakni berbangsa dan bernegara. Tingkat kesehatan penduduk berpengaruh positif terhadap pembangunan, karena penduduk yang sehat berpeluang besar untuk lebih produktif dan proaktif dalam pembangunan sebuah negara. Adapun faktor yang mendukung tingginya tingkat kesehatan adalah optimalisasi peran rumah sakit sebagi lembaga strategis dalam pemeliharaan kesehatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya usaha untuk meningkatkan kualitas jasa yang disajikan oleh rumah sakit, sehingga menyebabkan kepuasan pasien. Islam merupakan ajaran yang sempurna dan menyeluruh dengan Muhammad Rasulullah Şalla‟l-Lahu‛alaihi wa Sallam sebagai teladannya. Salah satu karakter positif yang dimiliki oleh Muhammad Rasulullah Şalla‟l-Lahu‛alaihi wa Sallam adalah faţānah. Implementasi faţānah dalam kehidupan modern, khususnya dalam kualitas jasa yang dipelopori oleh Rumah Sakit Islam diduga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi sifat faţānah dalam variabel kualitas jasa yang meliputi Compliance, Assurance, Responsiveness, Tangible, Empathy, dan Reliability terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Islam Jemursari. Penelitian ini menggunakan metode survei dalam pengambilan data primer dan kuantitatif deskriptif dengan regresi linier berganda dalam analisis. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap dan rawat jalan dengan beragam latar belakang yang meliputi: gender, usia, pendidikan terakhir, dan pekerjaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik disproportionate random sampling. Jumlah responden sebanyak 104 orang dengan rincian 52 orang pada rawat inap dan 52 orang pada rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi faţānah dalam variabel kualitas jasa yang meliputi Compliance, Assurance, Responsiveness, Tangible, Empathy, dan Reliability secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Islam Jemursari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 13/12 Pra p.
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA410-410.9 Medical economics. Economics of medical care. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
ADISTIAR PRAYOGA, 040610516UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRIRIN TRI RATNASARI, SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 03 Apr 2012 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item