INDRANATA FEBIKA CHUSUMA YUDHA, 040610721 (2012) PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN INTERACTIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA DEPARTEMEN SDM, DEPARTEMEN HUKUM DAN MANAJEMEN RESIKO, DAN SEKRETARIS PERUSAHAAN WILAYAH GRESIK PT. SEMEN GR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-yudhaindra-19903-b76-12.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perilaku Organizational Citizenship Behavior ( OCB) / peran ekstra karyawan dalam meningkatkan kinerja pada sebuah organisasi. Berbagai studi tentang Organizational Citizenship Behavior ( OCB) telah banyak dilakukan namun hanya sedikit yang membahas tentang faktorfaktor yang diasumsikan dapat menciptakan dan meningkatkan peran ekstra karyawan. Faktor-Faktor tersebut diantaranya adalah Leader Member Exchange (LMX), Perceived Organizational Support (POS), dan Interactional Justice. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Leader Member Exchange (LMX), Perceived Organizational Support (POS), dan Interactional Justice terhadap OCB (Organizational Citizenship Behavior). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 56 orang karyawan dari 3 departemen PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. wilayah Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil kuisioner dengan skala Likert yang diberikan kepada responden dan pengamatan langsung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan software SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel Leader Member Exchange, Perceived Organizational Support dan Interactional Justice terhadap variabel terikat Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan nilai signifikansi masing-masing lebih kecil dari 0,05. Kemudian variabel Perceived Organizational Support (POS) merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan dengan nilai beta terbesar yaitu 0.523.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 76/12 Yud p. | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PERSONAL MANAGEMENT, COMMITMENT ( PSCHOLOGY), ORGANIZATIONAL BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Bambang Husodo | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Jul 2016 03:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1516 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |