OPINI ANGGOTA KOMUNITAS OTOMANIA SURABAYA TERHADAP TABLOID OTOPLUS (Studi Deskriptif Mengenai Opini Pembaca Tabloid Otoplus yang Tergabung Dalam Anggota Komunitas Otomania di Surabaya)

RIZA HARDIANSAH, 070316827 (2008) OPINI ANGGOTA KOMUNITAS OTOMANIA SURABAYA TERHADAP TABLOID OTOPLUS (Studi Deskriptif Mengenai Opini Pembaca Tabloid Otoplus yang Tergabung Dalam Anggota Komunitas Otomania di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-hardiansah-8956-abstract-8.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tentang opini anggota komunitas Otomania di Surabaya terhadap tabloid Otoplus sebagai tabloid otomotif baru di Surabaya. Lokasi penelitian ini dilakukan di kota Surabaya. Pemilihan lokasi penelitian tersebut berdasarkan pertimbangan bahwa Surabaya memiliki banyak klub-klub motor yang para anggotanya memiliki latar belakang dan karakteristik yang heterogen. Penelitian ini menggunakan kajian penelitian komunikasi massa. Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk menguji teori dan menggambarkan Opini anggota komunitas Otomania di Surabaya terhadap tabloid Otoplus. Untuk pencarian data digunakan metode survey dengan Cara menyebarkan kuisioner pada responden yang berisikan pertanyaan serta pernyataan. yang berkenaan dengan permasalahan penelitian yaitu Opini. Opini yang ditanyakan adalah opini terhadap tabloid Otoplus secara umum dan opini terhadap isi atau rubrik yang disajikan dalam tabloid Otoplus. Untuk mengetahui opini responden, maka opini dibagi menjadi 2 dimensi yaitu favourable dan unfavourable. Kerangka teori yang digunakan adalah pengertian tabloid dan rubrik, media komunikasi massa, opini, opini sebagai efek dari komunikasi, khalayak media massa, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan mayoritas anggota komunitas otomania di Surabaya menyatakan opini yang positif / favourable terhadap tabloid Otoplus baik itu opini terhadap tabloid Otoplus secara umum maupun opini terhadap isi atau rubrik yang disajikan dalam tabloid Otoplus. Dari kesimpulan ini juga dapat diketahui bahwa tabloid Otoplus ternyata juga merupakan salah satu tabloid Otomotif favorit pembaca yang berada di Surabaya khususnya para anggota komunitas Otomania di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 63/08 Har o
Uncontrolled Keywords: OPINION; TABLOID NEWSPAPER
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RIZA HARDIANSAH, 070316827UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestyaningsih D, Dra., M. SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 15 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item