IDENTIFIKASI STRESS MARKERS PENGRAJIN PATUNG BATU (Studi Antropologi Forensik pada Pengrajin Patung Batu di Trowulan, Mojokerto)

WIKKE PRIYANTINI, 070610073 (2010) IDENTIFIKASI STRESS MARKERS PENGRAJIN PATUNG BATU (Studi Antropologi Forensik pada Pengrajin Patung Batu di Trowulan, Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-priyantini-18534-ant281-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
15195.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Antropologi Forensik adalah bagian dari studi fisik manusia yang melalui sisa kerangka yang dapat untuk melengkapi profil individu. Stress markers pada penelitian ini adalah bagian dari Antropologi Forensik tentang efek aktivitas individu selama hidup. Stress markers oleh peneliti diasumsikan terdapat pada pengrajin patung batu di Trowulan, Mojokerto. Alasan peneliti memilih obyek penelitian tersebut karena aktivitas yang dilakukan mempunyai beban kerja yang sangat tinggi. Beban kerja yang tinggi dapat mempengaruhi kerja otot dan persendian pada tulang individu. Penulis mengasumsikan stress markers terjadi pada bagian tubuh pengrajin patung yakni pada ekstremitas atas karena gerakan dari aktivitas dominan menggunakan ekstremitas atas, sehingga bagian otot dan persendian memungkinkan gerakan bebas di bagian tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Roentgenology dan visual. Hasil rontgen akan menunjukkan stress markers pada pengrajin patung sebagai resiko dari aktivitas yang berulang-ulang. Analisis hasil rontgen dilakukan oleh Dokter spesialis radiologi dan pengamatan dari ahli Antropologi Forensik. Metode visual untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan selama pengrajin patung bekerja dan dokumentasi penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan anatomi dan gerakan pada otot dan persendian yang berpengaruh pada tulang sebagai tanda dari aktivitas. Hasil dari penelitian digunakan untuk mengetahui adanya karakteristik atau variasi stress markers pada pengrajin patung batu di Trowulan, Mojokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT 28 / 10 Pri i
Uncontrolled Keywords: STRESS MARKERS
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT697-927 Home arts. Homecrafts. Including sewing, embroidery, decorative crafts
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
WIKKE PRIYANTINI, 070610073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDToetik Koesbardiati, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 05 May 2011 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item