PENGARUH PENGGUNAAN THIRD-PARTY ORGANIZATIONAL ENDORSEMENT (TPO ENDORSEMENT) TERHADAP CONSUMER PRE-PURCHASE EVALUATION PADA PRODUK OBAT NYAMUK SEMPROT MEREK HIT

HENGGAR ARDIANSYAH PRATAMA PUTRA, 040510628 (2012) PENGARUH PENGGUNAAN THIRD-PARTY ORGANIZATIONAL ENDORSEMENT (TPO ENDORSEMENT) TERHADAP CONSUMER PRE-PURCHASE EVALUATION PADA PRODUK OBAT NYAMUK SEMPROT MEREK HIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-putrahengg-19909-b87-12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan endorser dalam iklan baik iklan cetak maupun iklan televisi (CTV) sudah jamak digunakan untuk memasarkan suatu produk. Penelitian ini mencoba untuk membandingkan antara penggunaan Third-Party Organizational Endorsment (TPO Endorsement) dalam iklan dibandingkan dengan iklan yang menggunakan selebriti endorser, iklan dengan kombinasi antara TPO endorser dan selebriti endorser, serta iklan tanpa endorser terhadap kemampuannya untuk mempengaruhi evaluasi sebelum pembelian oleh konsumen. Evaluasi sebelum pembelian oleh konsumen dilihat melalui kualitas produk yang dirasakan konsumen, sikap terhadap perusahaan/produsen, risiko pembelian, dan nilai informasi yang didapat dari iklan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah uji beda dengan MANOVA yang bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan respon prepurchase evaluation konsumen dari penggunaan tipe endorser yang digunakan dalam iklan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa TPO endorser menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi untuk variabel kualitas produk yang dirasakan konsumen serta nilai informasi dari iklan daripada tipe endorser yang lainnya. Sedangkan untuk variabel sikap terhadap perusahaan/produsen dan risiko pembelian tidak menunjukkan perbedaan nilai yang signifikan untuk setiap endorser yang digunakan dalam iklan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 87/12 Put p.
Uncontrolled Keywords: MARKETING MIX
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HENGGAR ARDIANSYAH PRATAMA PUTRA, 040510628UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 04 Apr 2012 12:00
Last Modified: 19 Jul 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1522
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item