KINERJA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MUTUPELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SUKODONO KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO

NUNIEK NOVIANTI, 070417275 (2012) KINERJA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MUTUPELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SUKODONO KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-noviantinu-23933-fis.an.--k.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-noviantinu-20301-fis.an6-kFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemerintah mengadakan reformasi pelayanan publik dalam setiap instansinya. Salah satu dari instansi yang mengadakan reformasi adalah instansi kesehatan, terutama pelayanan terdepan kepada masyarakat yaitu puskesmas. Permasalahan yang menjadi topik adalah bagaimana kinerja dari sebuah instansi pemerintah dapat bekerja secara optimal dalam memberikan sebuah pelayanan publik dengan baik. Dalam hal ini pelayanan kesehatan di Puskesmas Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan narasumber secara individu, observasi serta pengumpulan dokumentasi. Teknik penentuan informan secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data diawali dengan cara menelaah seluruh data yang didapat dari hasil wawancara, dokumen, dan pengamatan di lapangan. Sedangkan validita data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang abash. Hasil yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya kinerja yang baik dari pihak puskesmas. Hal ini ditunjukkan dari variabel efektivitas yang dilihat dari indikator berupa kemampuan beradaptasi, produktivitas, dan pencarian dan pengelolaan sumber daya. Sedangkan dari variabel efisiensi dapat dilihat dari indikator berupa jenis pelayanan yang sering dikunjungi, pemilihan kelompok sasaran, penggunaan fasilitas, dan kemampuan dalam merubah pola pokir masyarakat. Dan dari waktu ke waktu pelayanan yang diberikan semakin baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN. 63/11 Nov k
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY HEALTH SERVICES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NUNIEK NOVIANTI, 070417275UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, S.IP, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Jun 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item