STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUTIK ONLINE DI SURABAYA MELALUI FACEBOOK

THERESIA ALIX RETNO MIRANTI, 070810053 (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUTIK ONLINE DI SURABAYA MELALUI FACEBOOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2012-mirantithe-21462&no=5

Download (1kB)
[img] Text (FULLTEXT)
15298.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran butik online di Surabaya melalui facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan menurut hasil survei Global Monitor (Prihadi: 2009) Indonesia merupakan Negara dengan pengguna facebook terbesar di benua Asia dan Australia. Perkembangan facebook sekarang ini tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, namun sudah merambah ke dunia pemasaran, salah satunya butik online. Fashion merupakan hal yang akan dan selalu dibutuhkan orang (Gladys: 2012). Maka dari itu butik online menjadi sangat digemari. Dengan karakteristik facebook yang terbuka pada seluruh penggunanya memunculkan persaingan antar pemasar. Persaingan tersebut menjadi tantangan bagi pemilik butik online agar dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor yang ada. Salah satu upayanya adalah dengan menentukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan kekayaan data mengenai strategi komunikasi pemasaran butik online di Surabaya melalui facebook. Peneliti menentukan 5 butik online sebagai objek penelitian dengan menggunakan purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk melihat secara langsung kegiatan komunikasi pemasaran butik online terpilih dan wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mengkroscek hasil observasi yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internet marketing mampu memfasilitasi penerapan tools dalam promotional mix secara terintegrasi, dan berbeda dengan cara konvensional. Selanjutnya adalah pemasaran butik online menggunakan tools advertising, sales promotion, direct marketing, public relations, dan personal selling dengan taktik yang bervariasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.35/12 Mir s
Uncontrolled Keywords: marketing communication strategy, online boutique, Surabaya, and facebook
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
THERESIA ALIX RETNO MIRANTI, 070810053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna Sari, SIP., M.CommUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15298
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item