Analisis Manajemen Pemasaran (Modern Marketing Management 4ps) Di Upt Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar

AINUN ZAKIAH NOOR (2015) Analisis Manajemen Pemasaran (Modern Marketing Management 4ps) Di Upt Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Blitar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (366kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV ANALISIS TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 29 May 2023.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengguna adalah salah satu faktor penting bagi semua jenis organisasi,tidak terkecuali di perpustakaan. Cara penting agar pengguna mengetahui perpustakaan ada dan menyediakan kebutuhan informasi adalah dengan memasarkan perpustakaan tersebut. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno melakukan pemasaran agar masyarakat tahu bahwa walaupun merupakan perpustakaan khusus tetapi Perpustakaan Bung Karno juga mngemban fungsi perpustakaan umum yang menyediakan layanan, pelayanan dan fasilitas untuk umum juga. Pemasaran dilakukan agar apa yang telah disediakan perpustakaan dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya secara luas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui manajemen pemasaran yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno dengan menggunakan analisis Modern Marketing Management 4Ps. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun populasinya adalah seluruh pengguna dan pengunjung serta seluruh warga UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Responden berasal dari tiga lapisan ; pengguna, pegawai dan manajemen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan syarat : (a) pengguna (1) yang memiliki kepentingan di perpustakaan dan tidak hanya berkunjung ke Gallery, (2) yang minimal pernah berkunjung sebanyak 2 kali. (b) pegawai yang saat ini bekerja di bawah naungan Bidang Layanan Informasi dan Kerjasama. (c) pihak manajemen yang menangani pemasaran Perpustakaan Bung Karno. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data hasil kuesioner dan wawancara. Penelitian mengenai Modern Marketing Management memiliki 4 variabel,yaitu people, processes, programs dan performance. Pada variabel people,dimensi service people menyatakan bahwa pelayanan yang dilakukan pegawai tidak maksimal dengan tingkat akurasi informasi dan kecepatan pelayanan yang cukup. Akan tetapi keramahan dan ketelitian berada pada nilai yang cukup tinggi. Dimensi customer menyatakan bahwa banyak pengguna yang memerlukan bantuan tentang informasi buku dan mereka juga senang karen telah dibantu oleh pegawai. Pada variabel processes, dimensi wants, needs and demands menyatakan bahwa pegawai berusaha mengetahui apa yang diperlukan pengguna sehingga mereka bisa memenuhi yang dibutuhkan pengguna. Dimensi target market, positioning and segmentation menyatakan bahwa penargetan pangsa sasaran, pemosisian dan segmentasi sudah dilakukan dengan benar menurut pihak perpustakaan meskipun terlihat bahwa penggolongan tersebut masih belum dilakukan dengan tepat. Dimensi marketing channel menyatakan bahwa dua aspek dari tiga saluran pemasaran sudah dilakukan oleh perpustakaan, media promosi dan display, sedangkan untuk pengguna potensial belum ada. Dimensi value and satisfaction menyatakan bahwa pengguna mendapat pelayanan sesuai dengan yang diinginkan dan pelaksanaannya sesuai dengan prosedur yang ada di perpustakaan. Pada variabel programs, dimensi product menyatakan bahwa sudah banyak pengguna yang mengetahui layanan yang ada di perpustakaan namun masih banyak juga yang tidak menggunakannya, maka mereka pun menggunakan bantuan dari pegawai. Dimensi place menyatakan bahwa banyak pengguna yang dekat dari tempat tinggal dan merasa nyaman di perpustakaan. Dimensi promotion menyatakan bahwa pihak perpustakaan masih kurang dalam menekankan prinsipprinsip promosi karena masih bernilai cukup dalam malakukan promosi. Dimensi price menyatakan bahwa sebagian besar pengguna tidak dipungut biaya apapun yang hal itu merupakan kebijakan dari perpustakaan. Pada variabel terakhir,performance, dimensi financial and nonfinancial menyatakan bahwa semua pihak tidak terpengaruh dengan faktor keuangan maupun yang bukan keuangan karena sudah diatur sedemikian rupa agar tidak berdampak negatif ke pihak-pihak terkait.Dimensi social menjaga nama baik dan bekerja sama meningkatkan rasa nyaman di antara mereka.Perpustakaan Bung Karno telah melakukan upaya-upaya pemasaran. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar masyarakat mengetahui bahwa perpustakaan tersedia bagi masyarakat. Terjadinya kemerosotan pngunjung tidak menjadi kendala yang signifikan dalam operasionalisasi Perpustakaan Bung Karno karena meski terjadi kemerosotan pada tahun 2012, pada tahun berikutnya terjadi kenaikan pengunjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.07/15
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Modern Marketing Management, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
AINUN ZAKIAH NOORNIM070916070
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiNIDN0028026604
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 01 Jun 2020 02:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15371
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item