Wacana Indentitas May Pada Lirik Lagu D' Allay dan Alay

Larasati Putri Ayuningtyas, 070710348 (2012) Wacana Indentitas May Pada Lirik Lagu D' Allay dan Alay. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-ayuningtya-24078-abstract.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-ayuningtya-20440-fis.k.03-wFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kritis identitas alay dalam lirik lagu D'allay yang dinyanyikan oleh Superglad band dan Alay yang dinyanyikan oleh Lolita. Signifikansi dari penclitian ini adalah sebagai sebuah identitas sosial, alay tidak mendapatkan tempat dalam ruang wacana untuk mendefinisikan siapa mereka. Justru, pendefinisian tentang alay datang mclalui labelling yang dilakukan orang-orang diluar alay. Munculnya wacana mengenai identitas alay ke ruang public tidak bisa dipandang sebagai hat yang taken for granted, pasti terdapat kepentingankepentingan yang turut mengkonstruksi identitas alay tak terkecuali dalam lagu yang menjadi objek penelitian. Pencliti menggunakan metode analisis wacana kritis Norman Fairclough, dengan tipe penelitian kualitatif eksploratif untuk mengetahui kepentingan-kepentingin dibalik penulisan teks, sekaligus mengeksplorasi makna yang terkandung dalam bahasa yang digunakan dalam kedua lirik lagu tersebut_ Unit analisis dari penelitian ini adalah teks yang meliputi pilihan kata, discourse practice yang tuerupak 7an pencipta lap dari D D 'Allay dan A l i 1 a J 1 , 7~~ dan .4ucioculIurui practice. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu D 'Allay dan Alay bahwa wacana yang ada dalam kedua lirik lagu tersebut terdiri dari : Labelling alay sebagai anak, Alay dan kebiasaan nongkrong, alay dan kampungan, alay dan bahasa serta alay dan penggunaan jejaring sosial. Dalam setiap wacana yang ditemukan, terdapat pemilihan kata yang berkonotasi negatif. Hal tersebut ternyata di pengaruhi oleh hubungan dialektik yang terjadi antara discourse practice dan sociocultural practice. l,ukman "Buluk" selaku pencipta lagu dari D'allay dan `l jahjadi Djajanata yang menciptakan lagu Alay mengidentifikasikan diri mereka sebagai non-alay sehingga mereka mcmilih realitas dari sisi negatif untuk dituangkan dalam lirik lagu. Nilai-nilai dominan yang ada di masyarakat juga turut memposisikan alay dalam posisi negatif sehingga tidak ada tempat bagi alay untuk bisa mendefinisikan mereka send iri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.03/12 Ayu w
Uncontrolled Keywords: SONG LYRICS
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Larasati Putri Ayuningtyas, 070710348UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTitik Puji Rahayu, S.sos., M.comms.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 29 Jun 2012 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 04:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item