Kepuasan Pembaca Remaja Di Surabaya Terhadap Deteksi Jawa Pos Studi Deskriptif tentang Kepuasan Pembaca melalui Konsep Gratification Sought dan Gratification Obtained

DWI FEBRIANA, 070710354 (2012) Kepuasan Pembaca Remaja Di Surabaya Terhadap Deteksi Jawa Pos Studi Deskriptif tentang Kepuasan Pembaca melalui Konsep Gratification Sought dan Gratification Obtained. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-febrianadw-24124-abstract.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-febrianadw-20510-fis.k.13-kFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana media massa dapat memenuhi kebutuhan khalayaknya. Terpenuhinya kebutuhan khalayak dilihat dari kepuasan yang dirasakan oleh pembaca. Untuk mengetahui apakah media massa tersebut dapat memenuhi kebutuhan khalayaknya dengan cara mencari kesenjangan antara mean skor gratification sought dan gratification obtained. Penelitian ini dilakukan pada remaja di Kota Surabaya selama bulan Juli 2011 dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan cara multistage area probability sampling sehingga terpilih cluster sampling sebagai area penentuan responden. Data penelitian ini diperoleh secara langsung di lapangan melalui penyebaran kuisioner tertutup kepada responden. Data ini merupakan pernyataan dari responden tentang motif yang diharapkan sebelum membaca DetEksi Jawa Pos dan kepuasanyang diperoleh setelah membaca DetEksi Jawa Pos. Penelitian ini dianalis dengan menggunakan analisis deskriptif motif, serta menggunakan teknik “uji t berpasangan” untuk mencari kesenjangan antara mean skor dari gratification sought dan mean skor dari gratification obtained. Hasil dari penelitian ini adalah motif- motif yang diinginkan oleh pembaca remaja di Surabaya yakni motif identitas pribadi, informasi dan motif hiburan serta motif integrasi dan interaksi sosial. Penelitian ini juga menampilkan bagaimana kepuasan pembaca remaja di Surabaya setelah membaca DetEksi Jawa Pos yaitu motif hiburan, informasi serta motif integrasi dan interaksi sosial. Motif hiburan yang berada diposisi paling atas dilanjutkan dengan motif informasi, integrasi dan interaksi sosial serta motif identitas pribadi di posisi terakhir. Penelitian ini juga menampilkan hubungan antara kepuasan yang diperoleh setelah membaca DetEksi Jawa Pos dengan jenis kelamin responden.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.13/12 Feb k
Uncontrolled Keywords: ADOLESCENT ; MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1865-1988 Special types
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DWI FEBRIANA, 070710354UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra. , MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 09:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15421
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item