STRATEGI PENCARIAN INFORMASI REMAJA UNTUK MENGURANGI KETIDAKPASTIAN MENGENAI PERASAAN CINTA PACARNYA

DINDA RATNA SARI, 070710095 (2012) STRATEGI PENCARIAN INFORMASI REMAJA UNTUK MENGURANGI KETIDAKPASTIAN MENGENAI PERASAAN CINTA PACARNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-saridindar-24128-abstract.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-saridindar-20515-fis.k.14-sFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pencarian informasi yang digunakan oleh remaja Surabaya untuk mengurangi ketidakpastian mengenai perasaan cinta pacarnya. Hal ini menjadi menarik, jika terjadi pada mereka yang sudah menjalin hubungan pacaran. Apalagi menyangkut soal perasaan cinta, yang mana perasaan cinta sudah pernah diungkapkan pada saat pertama kali menjalin hubunga pacaran. Strategi pencarian informasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada strategi, yang dikemukakan oleh Baxter dan Wilmot yaitu Secret Test, antara lain: Asking Third-party Tests, Directness Tests, Triangle Tests, Separation Tests, Endurance Tests, Public Presentation Tests, dan Indirect Suggestion Tests. Pendekatan penelitian ini kuantitatif, dengan tipe deskriptif. Metode yang digunakan survey dengan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampling multi stage cluster random sampling. Unit analisis penelitian ini remaja berusia 14-18 tahun, dengan karakteristik sedang menjalin hubungan pacaran dan pernah mengalami ketidakpastian mengenai perasaan cinta pacarnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan table frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) strategi Directness Tests, (2) srategi Asking Third-party Tests dan strategi Endurance Tests, (3) strategi Indirect Suggestion Tests, (4) strategi Public Presentation Tests, (5) strategi Separation Tests, dan (6) strategi Triangle Tests. Selain itu, juga ditemukan data lain melalui hasil tabulasi silang, bahwa strategi pencarian informasi lebih banyak digunakan oleh remaja perempuan dan remaja yang sudah berpacaran selama lebih dari 1 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.14 12 Sar s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION ; LOVE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV8301-9920.7 Penology. Prisons. Corrections > HV9051-9230.7 The juvenile offender. Juvenile delinquency. Reform schools, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DINDA RATNA SARI, 070710095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.Sos., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 09:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item