FOTO TINDAK KEJAHATAN SUSILA DI BERITA KRIMINAL DALAM MEDIA �STUDI DESKRIPTIF PENGGAMBARAN PELAKU DAN KORBAN TINDAK KEJAHATAN SUSILA MELALUI FOTO JURNALISTIK DIKAITKAN DENGAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA HARIAN

YANUAR SATRIA PUTRA, 070517877 (2012) FOTO TINDAK KEJAHATAN SUSILA DI BERITA KRIMINAL DALAM MEDIA �STUDI DESKRIPTIF PENGGAMBARAN PELAKU DAN KORBAN TINDAK KEJAHATAN SUSILA MELALUI FOTO JURNALISTIK DIKAITKAN DENGAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA HARIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-putrayanua-24231-abstract.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-putrayanua-20603-fis.k.25-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas fenomena media yang memuat berita tentang tindak kriminal khususnya mengenai pemuatan foto pelaku serta korban tindak kejahatan susila rentan menyalahi kode etik jurnalistik Merujuk pada latar belakang tersebut maka penelitian ini menghasilkan rumusan masalah tentang bagaimana pemuatan foto tentang tindak kejahatan susila pada berita kriminal yang dimuat di Harian Memorandum sesuai dengan kode etik jurnalistik. Peneliti berharap dari penelitian ini memperoleh manfaat dan tujuan yang bisa digunakan dan bisa diaplikasikan pada kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini juga diharapkan mampu menjadi bahan diskusi dan dapat menelaah bagaimana teknik pengambilan gambar terhadap para pelaku maupun korban tindak asusila dapat dipotret secara bijaksana. Pada penelitian ini menggunakan paradigm intepretatif dengan tipe penelitian kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Sementara untuk menggali data dilakukan dengan bantuan data primer berupa Foto-foto korban maupun pelaku tindak kejahatan susila yang dimuat dalamharian berita memorandum edisi bulan Oktober sampai November. Adapun data sekunder yang dipakai seperti internet, dan jurnal-jurnal media cetak. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran penelitian adalah foto-foto jurnalistik dalam harian berita kriminal dalam konteks ini peneliti memakai harian berita memorandum edisi bulan Oktober sampai November. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harian berita criminal memorandum sejauh yang ditemukan oleh peneliti ternyata banyak melanggar kode etik jurnalistik Dewan Pers Pasal 5 dalam pemuatan foto-foto pelaku maupun korban tindak kejahatan susila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.25/12 Put f
Uncontrolled Keywords: PHOTO JOURNALISM ; CODE OF ETHICS JOURNALISM
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699-5650 Journalism. The periodical press, etc
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4775-4784 Technique. Practical journalism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YANUAR SATRIA PUTRA, 070517877UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos, MCAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jul 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 00:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15433
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item