Zulfida Rachmatu Alamia, 070810554 (2012) Aksesibilitas Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Dalam Memperoleh Santunan Asuransi Kecelakaan dari Perusahaan Asuransi Milik Pemerintah (Studi pada PT Jasa Raharja (persero) Cabang Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-alamiazulf-20876-9.abstrak.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-alamiazulf-20876-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
PT Jasa Raharja (persero) merupakan perusahaan asuransi sosial yang diberi tanggung jawab pemerintah untuk menyalurkan santunan asuransi kepada korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum melalui dana yang terhimpun dari iuran dan sumbangan wajib masyarakat. Santunan asuransi kecelakaan diharapkan menjadi bantuan dari pemerintah sebagai tanggung jawab dan perwujudan jaminan hidup masyarakat kepada korban kecelakaan. Namun dalam penyaluran santunan asuransi korban kecelakaan lalu lintas jalan raya masih terdapat banyak permasalahan. Diantaranya ialah tidak semua korban/ ahli waris korban kecelakaan memperoleh santunan asuransi kecelakaan sehingga dapat menambah penderitaan korban pasca kecelakaan. Fokus penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana akses korban kecelakaan serta mengetahui faktor–faktor pendukung dan penghambat korban lalu lintas jalan dalam memperoleh santunan asuransi dari PT Jasa Raharja (persero) Cabang Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, tipe penelitian deskriptif dan menentukan informan secara purposive. Hasil penelitian didapatkan ada dua keyakinan timbul dari korban kecelakaan yaitu kepercayaan diri yang tinggi dan kepercayaan diri yang rendah untuk mendapatkan santunan asuransi kecelakaan. Kepercayaan diri korban kecelakaan rendah disebabkan asumsi kekecewaan terhadap birokrasi pemerintahan. Sedangkan kepercayaan diri korban kecelakaan tinggi mampu untuk mengakses layanan santunan asuransi kecelakaan. Aksesibilitas korban kecelakaan lalu lintas jalan raya dalam memperoleh santunan asuransi di PT Jasa Raharja (persero) Cabang Jawa Timur tergolong relative baik/tinggi. Hal ini dapat diketahui dari pengetahuan yang baik tentang layanan santunan asuransi, pengarahan perilaku korban untuk mengajukan klaim serta karakteristik birokrasi administrasi yang ditentukan dan diterima masyarakat sebagai syarat pengajuan klaim asuransi kecelakaan dengan prosedur yang relatif mudah hingga realisasi santunan yang disesuaikan dengan jenis kecelakaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.AN.33/12 Ala a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ACCIDENT INSURANCE | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9301-9343 Accident insurance | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs hoeroestijati beta | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Sep 2016 03:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15466 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |