INTERPRETASI LESBIAN TERHADAP REPRESENTASI LESBIAN DALAM FILM MINGGU PAGI DI VICTORIA PARK

ANDI DIXIE MAESITA PAERAI, 070810082 (2013) INTERPRETASI LESBIAN TERHADAP REPRESENTASI LESBIAN DALAM FILM MINGGU PAGI DI VICTORIA PARK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-paeraiandi-24379-6.abstra-.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-paeraiandi-24379-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan tentang adanya isu lesbian dalam film layar lebar “Minggu Pagi di Victoria Park”(MPdVP). Peneliti mengharapkan, dengan menjadikan lesbian sebagai subyek penelitian, dapat mengeksplorasi interpretasi lesbian sebagai khalayak penonton film terhadap representasi lesbian dalam film. Tinjauan pustaka penelitian, Homoseksualitas dan teori queer, media dan homoseksualitas:Tinjauan representasi realitas sosial di media, Film dan Homoseksualitas, pengertian dan isu-isu mengenai lesbian di Indonesia, Lesbian as active audience dan reception analysis sebagai bagian dari cultural studies. Menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian reception analysis dan tipe penelitian adalah penelitian eksploratif. Menentukan subjek penelitian dengan cara purposif sampling. Unit analisis dari penelitian ini adalah individu berdasarkan hasil wawancara mendalam. Kesimpulan, lesbian yang menjadi informan pada penelitian ini memiliki berbagai macam interpretasi terhadap representasi lesbian dalam film MPdVP. Dari kesuluruhan interpretasi informan, peneliti mengkategorikan ke dalam 6 garis besar pemaknaan. Yaitu lesbian dalam film MPdVP menunjukkan keberadaan lesbian dalam kalangan TKW. TKW lesbian dalam film MPdVP akibat minim pria. Yati merepresentasikan femme dan Agus merepresentasikan butchy. Representasi lesbian dari segi etnis, agama, pendidikan dan SES sama dengan representasi TKW dalam film MPdVP. Hal ini dimaknai oleh informan A,B,C. Garis besar pemaknaan, tokoh Yati merepresentasikan lesbian secara negatif dimaknai oleh informan A,B Dan perilaku lesbian dalam film MPdVP terlalu berlebihan dimaknai oleh informan B,C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.13/13 Pae i
Uncontrolled Keywords: FILM
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ75-76.8 Homosexuality. Lesbianism
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANDI DIXIE MAESITA PAERAI, 070810082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra. M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 May 2013 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 11:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item