CINDHY PSICHE LARASHATI, 070915073 (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PERUSAHAAN DALAM EVENT OLAHRAGA (STUDI KASUS: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. DETEKSI BASKET LINTAS (DBL) INDONESIA DALAM LIGA NATIONAL BASKETBALL LEAGUE (NBL) INDONESIA 2011 � 2012). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-larashatic-24395-7.abstra-.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-larashatic-24395-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi Public Relations PT. Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia dalam penyelenggaraan liga National Basketball League (NBL) Indonesia 2011 – 2012. Penelitian ini menjadi menarik karena selama ini basket bukan termasuk salah satu olahraga yang diminati oleh masyarakat Indonesia (Bappenas 2007). Namun, PT. DBL Indonesia berhasil merubah anggapan tersebut dengan berhasil menarik ribuan penonton melalui penyelenggaraan liga NBL Indonesia. Liga NBL Indonesia tahun 2011 – 2012 diselenggarakan dengan sukses. Kesuksesan terlihat dari semakin luas kota yang dikunjungi untuk penyelenggaraan liga dan bergabungnya dua tim baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Public Relations PT. Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia dalam liga National Basketball League (NBL) Indonesia 2011 – 2012. Tinjauan pustaka yang digunakan pada penelitian ini adalah Public Relations dalam Perusahaan, Strategi Public Relations, dan Strategi Public Relations dalam Event. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan tipe penelitian eksploratif. Peneliti mengumpulkan data dan informasi dengan wawancara mendalam (in depth interview) kepada Communication Senior Manager, divisi Sponsorship and Business Development, dan divisi Basketball Operations PT. DBL Indonesia. Hasil penelitian ini adalah PT. DBL Indonesia menerapkan strategi PR dalam liga NBL Indonesia 2011 – 2012 yang didasari tujuan dan objective. Tujuan dan objective dicapai melalui strategi PR yaitu media relations, marketing support, promotional and publicity work, sponsorship, websites management, dan fan relationships. Selain itu, penerapan strategi PR tersebut tidak hanya mencitrakan atau mempulikasikan liga NBL Indonesia 2011 – 2012, melainkan juga PT. DBL Indonesia. Sehingga strategi PR liga NBL Indonesia 2011 – 2012 saling mendukung dengan strategi PR PT. DBL Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.K.19/13 Lar s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PUBLIC RELATIONS ; BASKETBALL | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs hoeroestijati beta | ||||||
Date Deposited: | 16 May 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 22 Sep 2016 06:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15614 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |