PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP BEBERAPA GREEN ADVERTISING DI MEDIA MASSA

DHANI ULAN SARI, 070810666 (2013) PENERIMAAN KHALAYAK TERHADAP BEBERAPA GREEN ADVERTISING DI MEDIA MASSA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15622.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah penerimaan khalayak terhadap beberapa green advertising di media massa. Green advertising adalah setiap iklan yang memenuhi satu atau lebih kriteria jika secara eksplisit dan implisit menunjukkan hubungan antara produk atau jasa dan lingkungan biofisikal, mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan tanpa menyoroti produk ataupun jasa tertentu, serta menampilkan citra perusahaan yang bertanggungjawab terhadap lingkungan. Penerimaan khalayak yang dimaksud berupa persepsi maupun opini terhadap green advertising. Subyek penelitian ini adalah khalayak yang pernah mengkonsumsi green advertising. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang beragam, peneliti menggunakan informan yang berasal dari background yang berbeda di antaranya jenis kelamin, usia, pendidikan serta pekerjaan dan faktor ekonomi yang heterogen. Penelitian ini menggunakan metode reception analysis serta kualitatif eksploratif sebagai alat untuk mengeksplorasi pemaknaan dari diri khalayak. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode focuss group discussion untuk memperoleh data-data kualitatif dari para informan. Berdasarkan analisis penelitian, didapatkan bahwa informan memiliki berbagai macam pemaknaan mengenai beberapa green advertising di media massa. Pertama, “green advertising sebagai bentuk pemanfaatan isu go green yang dijadikan sebagai komoditas”, pemaknaan ini terdapat pada Informan Ay dan Informan Ab. Garis besar pemaknaan kedua, “green advertising sebagai bentuk tindakan greenwashing”. Pemaknaan ini hanya dimaknai oleh Informan P. Garis besar pemaknaan ketiga adalah “green advertising sebagai usaha untuk mendapatkan citra baik perusahaan”, pemaknaan ini terdapat pada Informan Al dan L. Sedangkan garis besar pemaknaan keempat adalah “green advertising sebagai iklan yang ramah lingkungan”, pemaknaan ini oleh Informan Ri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.25 13 Sar p
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING ; MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
DHANI ULAN SARI, 070810666UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 23 May 2013 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 20:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item