TINDAKAN SOSIAL PEMUKA AGAMA ISLAM TERHADAP KEBERADAAN TRANSGENDER (Studi Deskriptif Mengenai Tindakan Sosial Pemuka Agama Islam Terhadap Keberadaan Transgender di Kawasan Kota Surabaya, Jawa Timur)

WINDA NOVTATIKA ANGGRAENI, 070914048 (2013) TINDAKAN SOSIAL PEMUKA AGAMA ISLAM TERHADAP KEBERADAAN TRANSGENDER (Studi Deskriptif Mengenai Tindakan Sosial Pemuka Agama Islam Terhadap Keberadaan Transgender di Kawasan Kota Surabaya, Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena transgender dalam masyarakat mendapatkan berbagai macam reaksi. Kasus-kasus pun banyak bermunculan sehingga membutuhkan penanganan. Dalam penelitian ini memfokuskan pada pendapat dan bentuk tindakan sosial yang dilakukan oleh pemuka agama Islam terhadap keberadaan transgender. Untuk menjawabnya peneliti menggunakan teori tindakan sosial, Max Weber. Snowball adalah teknik yang digunakan untuk menentukan informan dengan bantuan key informant. Penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dan memilih lokasi di kawasan Kota Surabaya, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam yang kemudian dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dipaparkan mengenai pendapat yang diberikan pemuka agama Islam tentang keberadaan transgender. Peneliti menemukan jawaban yang seragam dari kelima informan mengenai pendapat tentang transgender secara subjektif. Dapat diketahui bahwa transgender adalah orang yang memiliki kelainan biologis misalnya terlahir dengan dua alat kelamin dan adapula yang disebabkan oleh beberapa faktor eksternal seperti adanya pengaruh lingkungan pergaulan. Dalam tindakan sosial terdapat variasi data yang diperoleh peneliti. Tindakan sosial berhubungan dengan alasan pemuka agama Islam bersedia memberikan penanganan kepada transgender. Informan pertama mempunyai kecenderungan sesuai dengan tindakan tradisional. Informan kedua berkecenderungan sesuai dengan tindakan afektif. Informan ketiga alasannya sesuai dengan tindakan rasionalitas nilai. Selanjutnya informan keempat dan kelima, alasan melakukan tindakan yang sesuai dengan tindakan rasionalitas instrumental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.35 13 Ang t
Uncontrolled Keywords: SOCIAL ACTION ; TRANSGENDER
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1449 Gay men. Lesbians
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
WINDA NOVTATIKA ANGGRAENI, 070914048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Herwanto, Drs. M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Aug 2013 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 10:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15647
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item