PERGERAKAN LSM NOL SAMPAH DALAM MENGAWAL POLITIK HIJAU KOTA SURABAYA. (Studi Kasus Pendampingan Petani Lokal Pohon mangrove di Bosem Wonorejo Surabaya)

Valihuddin Rizal, 070710021 (2012) PERGERAKAN LSM NOL SAMPAH DALAM MENGAWAL POLITIK HIJAU KOTA SURABAYA. (Studi Kasus Pendampingan Petani Lokal Pohon mangrove di Bosem Wonorejo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-rizalvalih-22008-5.abstr-k.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kawasan hutan mangrove yang saat ini sedang hangat diperbincangkan yakni di daerah Wonorejo Rungkut Surabaya, mengingat peran kawasan mangrove di Wonorejo sangat penting sebagai penyangga Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) dari ancaman abrasi laut. Tak heran dengan pentingnya kawasan ini PEMKOT Surabaya pun tak luput dalam memformulasikan kebijakan dan melahirkan tempat EKOWISATA yang saat ini dinamai Ekowisata Mangrove Wonorejo. Namun masalah mulai muncul ketika Kawasan konservasi mangrove Wonorejo yang dijadikan Ekowisata Mangrove, ternyata tidak sesuai harapan. Mangrove di kawasan itu justru mengalami kerusakan yang parah. Padahal niat Pemkot Surabaya, menjadikan kawasan itu sebagai kawasan penyangga pantai timur Surabaya (Pamurbaya) dari abrasi pantai Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada upaya LSM Nol Sampah yang selama ini memang aktif dalam pengawalan kebijakan lingkungan kota Surabaya. Dalam konteks ini, LSM Nol sampah melakukan pendampingan kepada petani lokal mangrove di area ekowisata mangrove Bosem Wonorejo dengan tujuan petani lokal memiliki pengetahuan yang cukup agar nantinya bias bersama-sama LSM Nol Sampah mengawasi pengelolaan ekowisata ini. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah ketua LSM Nol Sampah beserta anggotanya, Petani lokal sekitar area ekowisata, serta sebagai data pembanding juga dilakukan wawancara kepada pengelola ekowisata dalam hal ini FKPM (Forum Kemitraan Polisi Masyarakat) Nirwana eksekutif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.P.51/12 Riz p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL MOVEMENT
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Valihuddin Rizal, 070710021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Kacung Marijan,, Prof. Drs., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 26 Dec 2012 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15657
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item