REPRESENTASI MASYARAKAT URBAN JAKARTA DALAM FILM JAKARTA MAGHRIB

MAYARANI NURUL ISLAMI, 070915072 (2013) REPRESENTASI MASYARAKAT URBAN JAKARTA DALAM FILM JAKARTA MAGHRIB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-islamimaya-28346-6.abstr-k.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 63-13 Isl r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi masyarakat urban Jakarta pada film omnibus, Jakarta Maghrib, dengan mengeskplor wacana mengenai masyarakat urban Jakarta melalui analisis wacana. Urban artinya bersifat perkotaan. Masyarakat urban berarti masyarakat yang memiliki sifat perkotaan seperti rasional, logis, heterogen, minimnya rasa solidaritas kelompok, perhitungan dan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sebagai realitas, masyarakat urban Jakarta pun ‘dihadirkan’ dalam media massa, termasuk film. Representasi masyarakat urban Jakarta yang ditampilkan dalam film Jakarta Maghrib berbeda dari film-film tentang Jakarta yang lain. Film Jakarta Maghrib menawarkan sebuah representasi masyarakat urban Jakarta dari sisi modernitas, hiruk pikuk kota, dan sisi religiusitas. Kesimpulan tersebut didapat dari analisis yang dilakukan terhadap masing-masing film pendek dalam film Jakarta Maghrib, yaitu Iman cuman Ingin Nur (ICIN), Adzan, Menunggu Aki, Cerita Si Ivan, Jalan Pintas, dan Ba’da. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwar masyarakat urban Jakarta direpresentasikan sebagai: masyarakat urban Jakarta yang miskin melalui permasalahan seksualitas, masyarakat urban Jakarta yang mengalami ambiguitas atas religiusitas, masyarakat urban Jakarta yang cenderung individualis, masyarakat urban Jakarta yang masih memiliki sisi tradisional, dan masyarakat urban Jakarta yang pragmatis, yang kerap menggunakan ‘jalan pintas’ untuk mendapat apa yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 63/13 Isl r
Uncontrolled Keywords: MOTION PICTURE; URBANIZATION
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT361-384 Urbanization. City and country
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MAYARANI NURUL ISLAMI, 070915072UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK. Satrya Wibawa, S.Sos.,MCAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 07:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15666
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item