ANALISIS TEKSTUAL TENTANG KONSEP AGING PADA PEREMPUAN MIDLIFE DALAM ARTIKEL-ARTIKEL DI MAJALAH PESONA

THEODORA EUGINIA DAVITA, 070915084 (2013) ANALISIS TEKSTUAL TENTANG KONSEP AGING PADA PEREMPUAN MIDLIFE DALAM ARTIKEL-ARTIKEL DI MAJALAH PESONA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-davitatheo-28450-6.abstr-k.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.K. 72-13 Dav a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk menganalisis tentang konsep aging secara fisik pada perempuan midlife dalam artikel-artikel di majalah Pesona. Signifikansi dari penelitian ini adalah stereotip negatif tentang aging yang selalu digambarkan menonjolkan kelemahan, kekurangan, dan penyakit. Obyek penelitian yang digunakan adalah majalah Pesona karena majalah tersebut mengakomodasikan kebutuhan bagi perempuan berusia 35 tahun ke atas yang tergolong perempuan midlife. Mengacu pada pandangan yang menempatkan aging sebagai hal yang negatif, konsep aging secara fisik ini akan diperoleh dengan melihat permasalahan terkait aging secara fisik yang ditampilkan dalam artikel-artikel di rubrik Gaya dan Cantik, Sehat, Bugar di majalah Pesona. Melalui pendekatan kualitatif eksploratif, peneliti ingin mendapatkan artikulasi konsep aging pada perempuan midlife dalam artikel-artikel di majalah Pesona dengan metodologi analisis tekstual berupa semiotik Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep aging secara fisik dianggap sebagai kekurangan dan penyakit yang butuh untuk ditangani melalui berbagai solusi menjanjikan. Proses aging secara fisik yang menunjukkan tanda-tanda seperti wajah keriput dan tubuh melebar cenderung untuk dilawan, dengan cara menyajikan konsep yang berlawanan dengan aging yaitu anti-aging dan tampilan yang tetap muda. Sebagai majalah perempuan, subjektivitas perempuan seharusnya menjadi hal yang penting untuk ditampilkan, namun nampaknya kepentingan-kepentingan lain seperti kepentingan kapitalis dan patriarki tidak dapat dilepaskan dalam upaya membentuk konsep aging secara fisik pada perempuan midlife.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K. 72/13 Dav a
Uncontrolled Keywords: WOMEN'S MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
THEODORA EUGINIA DAVITA, 070915084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra. ,M.Comm., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 00:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15674
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item