ANALISIS SEGITIGA PEMASARAN JASA (PEMASARAN INTERNAL, PEMASARAN EKSTERNAL DAN PEMASARAN INTERAKTIF) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

YANIS ULUL AZ'MI, 070916095 (2013) ANALISIS SEGITIGA PEMASARAN JASA (PEMASARAN INTERNAL, PEMASARAN EKSTERNAL DAN PEMASARAN INTERAKTIF) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-azmiyanisu-28512-6.abstr-k.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.IIP. 63-13 Azm a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran merupakan bagian penting dalam Organisasi. Perusahaan manufaktur, perusahaan jasa dan perusahaan non profit harus melalukan pemasaran untuk bisa mencapai tujuannya. Perpustakaan sebagai salah satu organisasi non profit melakukan pemasaran agar mampu menarik pengguna menggunakan jasa perpustakaan. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi internet, semakin mempermudah pencarian informasi melalui internet tanpa perlu datang ke perpustakaan. Sehingga diperlukan upaya-upaya yang lebih serius dalam melakukan pemasaran perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran yang ada di Perpustakaan Universitas Airlangga dilihat dari pemasaran internal, ekternal dan interaktif dan untuk mengetahui pengembangan pemasaran internal, ekternal dan iteraktif untuk mencapai tujuan perpustakaan Universitas Airlangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Airlangga. Penelitian dilaksanakan dengan menyebarkan kuesoner kepada manajemen, karyawan dan, pengguna perpustakaan. Kemudian data hasil kuesioner dianalisis dengan mendeskripsikan dan menjelasakan temuan penelitian dilapangan. Analisis segitiga pemasaran jasa ini meliputi pemasaran internal, pemasaran eksternal dan pemasaran interaktif ini menggunakan teori dari rangkuti. Pengukuran pemasaran internal terdiri dari delapan dimensi yaitu tools,policies and procedure, teamwork, management support, goal aligment, effective training, communication, reward and recognition. Pengukuran pemasaran eksternal menggunakan empat dimensi yaitu product, promotion, price,dan place. Sedangkan pengukuran pemasaran interaktif menggunakan tiga dimensi yaitu Responsiveness, Assurance dan Emphaty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP. 63/13 Azm a
Uncontrolled Keywords: LIBRARIES-MARKETING; PROMOTIONS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
YANIS ULUL AZ'MI, 070916095UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15690
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item